Bagi kamu yang menjadi ibu rumah tangga, ataupun yang memiliki hobi memasak di dapur tentunya tidak asing lagi jika dalam keseharianmu sehari – hari menggunakan peralatan dapur.

Memasak sendiri merupakan sebuah aktivitas maupun hobi yang selalu dilakukan oleh wanita maupun pria ketika sedang berada di rumah. Baik hanya untuk sekedar memasak yang sederhana, seperti memasak makanan favorit, mie, merebus air dan sebagainya hingga memasak olahan yang paling sulit atau rumit sekalipun, tentu pastinya kamu membutuhkan lebih dari satu alat dapur.

 

Pentingnya Peralatan Dapurpentingnya peralatan dapur

Pada umumnya alat dapur berfungsi untuk menunjang kegiatan orang – orang untuk membuat masakan yang ia inginkan, namun dengan seiring perkembangan zaman banyak terjadi inovasi sehingga menyebabkan perubahan bentuk yang begitu signifikan pada alat – alat tersebut sampai sekarang.

Terkadang ukuran dari alat dapur harus disesuaikan dengan ruangan dapur yang kamu miliki, jika ditambah dengan isi ruangan yang rapi, dan tertata pasti akan menjadi dapur ideal milikmu. Apalagi jika didukung dekorasi ruangan dapur yang indah tentunya membuat ruangan dapur milikmu semakin cantik.

Mengapa demikian? Karena ruang dapur adalah ruangan yang memiliki salah satu peranan yang penting dalam hunian karena di sanalah makanan yang sehari – hari kamu makan itu dihasilkan.

Dapur yang yang tertata rapi serta nyaman untuk ditempati tentunya menjadi poin tersendiri untuk kamu, terutama bagi kamu yang menggunakan konsep dapur minimalis untuk hunianmu. Tapi, jika ingin mencapai hal tersebut tentunya perlu memperhatikan aspek efisiensi alat masak yang digunakan.

Karena jika kamu terlalu banyak menggunakan alat tersebut, sudah pasti akan membatasi mobilitasmu di dalam dapur. Sisi negatifnya lagi adalah dapur milikmu tidak akan cantik dan luwes lagi jika terlalu banyak menggunakan alat – alat dapur tersebut, apalagi jika sampai menggunakan alat dapur jaman dulu yang ukurannya sangat besar.

Maka dari itu, penting sekali bagi kamu untuk membuat list daftar peralatan dapur untuk ruangan dapur yang minimalis supaya tak terlalu banyak alat dapur yang tidak dibutuhkan. Supaya tidak membuat sesak ruangan dapur milik kamu itu.

Baca Juga : 8 Peralatan Rumah Tangga Modern yang Harus Kamu Miliki!

 

Peralatan Dapur Untuk Dapur Minimalis

Berikut merupakan daftar peralatan dapur yang cocok untuk dapur minimalis milikmu:

1. Portable Cooker

portable cooker

Bagi kamu yang ingin memasak di ruangan yang tidak begitu besar, maka portable cooker adalah pilihan yang paling tepat untukmu. Selain ukuranya yang tidak terlalu besar, namun juga beratnya yang ringan serta dapat dibawa kemana saja tentu semakin memudahkanmu dalam menggunakannya.

Selain bisa untuk memasak nasi, portable cooker juga bisa untuk memasak mie rebus, menggoreng ikan, tempe, dan lain – lain. Caranya cukup mudah, setelah dipasang kamu tinggal menekan tombol sesuai petunjuk, lalu kamu bisa gunakan sesuai dengan keperluan yang kamu inginkan.

 

2. Penggorengan dan Panci Stainless Steelpanci penggorengan

Bagi kamu yang suka menggoreng ikan, membuat sup/kuah, dan semacamnya. Maka panci penggorengan akan menjadi alat dapur pertama yang kamu pilih lengkap beserta spatula atau sodetnya, selain sebagai wadah menggoreng masakanmu tapi juga bisa menumis rempah – rempah atau bumbu dapur yang kamu inginkan.

Tentunya untuk proses membolak balik makanan tersebut dibutuhkan alat dapur bernama sodet, banyak macam sodet mulai dari yang stainless steel sampai ada yang terbuat dari bahan kayu, biasanya alat ini yang digunakan untuk menumis.

Jika kamu hobi membuat sup, entah untuk di konsumsi pribadi ataupun untuk keluarga, alangkah baiknya jika menggunakan panci yang terbuat dari stainless steel, karena selain anti lengket, juga panci dengan bahan ini lebih awet dan tahan terhadap panas yang tinggi.

 

3. Rice Cooker

rice cooker

Memasak nasi menggunakan cara terdahulu pasti membutuhkan banyak energi dan waktu karena kamu harus merebus beras tersebut terlebih dahulu, lalu memindahkan beras itu ke sebuah alat pengukus.

kini, dengan adanya rice cooker. Maka kamu hanya perlu membersihkan beras tersebut lalu memasukannya kedalam rice cooker saja. Kemudian beras yang kamu masukkan tadi akan matang dengan sendirinya tanpa kamu harus menunggu berlama – lama ria di dapur, bisa sembari melanjutkan memasak makanan lainnya di dapurmu.

 

4. Lemari Es

refrigerator / kulkas / lemari es

Kulkas atau kerap kali disebut dengan lemari es adalah alat elektronik dapur yang memiliki peran vital. Selain sebagai alat penyimpan makanan supaya tidak cepat bau, kulkas ini juga berfungsi sebagai alat untuk membuat es batu.

Jadi selain memiliki banyak fungsi, kulkas juga memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu kamu wajib menaruh kulkas atau lemari es ini masuk ke dalam list peralatan dapur milikmu.

 

5. Water Dispenser

water dispenser
Water dispenser menjadi adalah alat dapur yang memiliki banyak segi kebermanfaatan, terutama dalam mengurangi sampah botol plastik yang bertebaran. Selain itu water dispenser juga mempermudah kamu untuk memasak air tanpa harus menggunakan kompor gas lagi.

Keberadaannya menjadi penunjang pemenuhan kebutuhan air bagi setiap orang, tentunya water dispenser tidak terlalu memakan tempat untuk dapurmu yang berukuran minimalis.

 

6. Ketel Elektrik

ketel elektrik

Jika kamu sering membutuhkan air panas setiap harinya maka ketel elektrik adalah salah satu solusinya, selain hemat listrik juga ukurannya kecil, sehingga mudah dibawa kemana – mana. Namun kalau kebutuhan air panas yang kamu inginkan itu sedikit, maka tentunya akan lebih praktis jika menggunakan ketel listrik ini daripada menggunakan kompor gas yang memakan banyak tempat dan biaya.
 

7. Hand Blender

hand blender

Sebagian besar orang menggunakan blender biasa untuk menghaluskan makanan, entah itu dalam jumlah yang besar maupun jumlah yang sedikit. Padahal jika kamu menggunakan alat yang praktis dengan ukuran yang kecil, serta memiliki banyak fungsi dan mudah dibersihkan, maka hand blender adalah jawabannya.

Kemampuan hand blender tak kalah dengan kemampuan blender biasa, selain menghemat waktu dan tempat, ternyata hand blender ini juga hemat energi. Jadi cocok untuk kamu yang menggunakan dapur minimalis.

 

8. Oven Keciloven

Kebanyakan orang menggunakan microwave untuk mengukus makanan maupun menghangatkannya, padahal ada oven listrik yang memiliki kemampuan hampir serupa namun tak sama. Diantara kedua alat dapur itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

Tapi jika untuk memilih maka pilihan terbaik adalah menggunakan oven kecil untuk tipe dapur yang minimalis.

 

9. Keran dan Wastafelkeran dan wastafel

Tentunya ketika habis menggoreng ataupun melakukan aktifitas di dapur, pasti seluruh telapak tanganmu penuh dengan kotoran dan sisa – sisa masakan. Maka keran dan wastafel adalah alat dapur yang wajib untuk dipasang olehmu karena jika tanpa alat tersebut, maka kamu pasti akan kerepotan bolak balik kamar mandi hanya untuk sekedar mencuci tangan.

Itulah beberapa jenis peralatan dapur yang wajib kamu masukkan ke dalam list atau daftar peralatan untuk dapur minimalis milikmu.

Tentunya dapur minimalis harus menggunakan peralatan yang tidak terlalu besar namun memiliki nilai kebermanfaatan yang tidak kalah pada alat – alat dapur pada umumnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Home Appliance – Arti, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya untuk Kehidupan Sehari-hari

 

Tentang Aplikasi Cashbac

cashbac app
Untuk berbelanja gunakan selalu Cashbac, aplikasi yang memberikan instant rewards di ribuan merchant yang sudah bekerjasama seperti McDonald’s, Solaria, Chatime, Kopi Kenangan, Alfamart, FamilyMart, Gramedia, ACE Hardware, IrwanTeam, Gorjes, dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi Cashbac, pengalaman berbelanja kamu akan lebih menyenangkan.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya baca di artikel berikut:

Aplikasi Rewards Terbaik di Indonesia

Download sekarang Cashbac, aplikasi rewards terbaik di Indonesia!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%