Melakukan perencanaan keuangan menjadi suatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang untuk dapat memperoleh dampak positif ke depannya nanti. Dengan merencanakan keuangan, maka hal inilah yang akan membantu kamu untuk bisa mengatur pengelolaan keuangan pribadi agar memiliki kondisi keuangan yang sehat dan stabil. Meski demikian, tahukah kamu bagaimana cara menyusun rencana keuangan yang baik di masa depan? Agar lebih paham dan jelasnya, kamu bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

 

Pengertian Perencanaan Keuangan?

pengertian perencanaan keuangan

Secara umum, perencanaan keuangan adalah suatu metode yang digunakan dalam mengatur / mengelola keuangan dengan baik dan biak untuk memudahkan seseorang dalam mencapai tujuan keuangannya. Mengatur perencanaan keuangan cukup penting lantaran akan sangat membantu seseorang agar penghasilan yang didapatkan tidak sia – sia lantaran pengeluaran yang tidak teratur. Dengan adanya perencanaan ini, maka akan memudahkan kamu dalam memaksimalkan setiap uang yang dikumpulkan untuk mencapai tujuan penggunaannya di masa depan nanti.

Baca Juga : Cek Kondisi Keuangan Pribadi Kamu, Dan Cara Memperbaikinya!

 

Mengapa Perencanaan Keuangan itu Penting?

Kamu tentu pernah berpikir atau bahkan bertanya – tanya mengenai apakah menyusun rencana keuangan pribadi menjadi hal penting untuk dilakukan, bukan? Umumnya, melakukan perencanaan keuangan pribadi sangat penting dilakukan lantaran memiliki banyak manfaat di dalamnya. Adapun beberapa alasan mengapa kamu perlu merencanakan keuangan pribadi sejak dini yakni sebagai berikut :

1. Dapat Mengatur Anggaran / Arus Kas Pribadimengatur anggaran & arus kas pribadi

Alasan utama mengapa kamu perlu mengatur keuangan pribadi sejak dini yakni karena hal ini akan membantumu dalam mengetahui keluar masuknya uang dari setiap penghasilan yang diperoleh setiap bulannya. Dengan hal ini, maka kita nantinya akan tahu mengenai dimana kita menghabiskan penghasilan dan berapa jumlah yang seharusnya dikeluarkan.

 

2. Mengatur Utang Secara Lebih Efisienmengatur utang secara efisien

Meskipun dalam kehidupan sehari – hari kamu katakanlah memiliki utang, akan tetapi  bukan berarti tidak perlu mentaur perencanaan uang untuk utang – utang tersebut. Sebab dengan adanya perencanaan keuangan, maka kamu nantinya bisa mengetahui jumlah utang yang bisa dipenuhi sesuai dengan besarnya pendapatan dan arus kas per bulannya.

 

3. Memberi Pelindungan Bagi Keluargaperlindungan bagi keluarga

Apabila kamu sudah berkeluarga, tentunya kamu tidak hanya memikirkan diri sendiri saja, bukan? Sebab, ada pasangan dan anak yang juga harus kamu pikirkan. Dengan adanya perencanaan keuangan yang matang ini, maka kamu bisa merencanakan berbagai biaya dan pengeluaran seperti dana pendidikan anak, asuransi kesehatan dan lain – lain.

 

4. Dapat Mencapai Tujuan Keuangancapai tujuan keuangan

Salah satu alasan pentingnya mengatur perencanaan keuangan sejak dini yakni akan memudahkan kamu dalam mencapai berbagai tujuan keuangan dalam hidup. Seperti halnya yakni memenuhi dana pendidikan dan pernikahan nanti serta memenuhi berbagai kebutuhan mendesak yang bisa saja muncul di masa depan tanpa diduga sebelumnya.

 

5. Menghindari Dampak Terjadinya Inflasimenghindari dampak inflasi

Umumnya, inflasi sendiri merupakan suatu kondisi dimana terjadi kenaikan harga secara serentak dalam satu waktu lantaran tingginya permintaan pasar sedangkan jumlah penawaran lebih rendah. Jika kamu membuat perencanaan keuangan, maka hal inilah yang dapat digunakan untuk bisa menghindari dampak infasi itu di masa depan.

 

6. Mewujudkan Impian Diri Sendirimewujudkan impian diri sendiri

Dalam hidup, kamu tentu memiliki impian tertentu seperti halnya ingin jalan – jalan keluar negeri, membeli kendaraan baru, membuka usaha sendiri atau bahkan pergi umrah atau haji, bukan? Untuk bisa mewujudkan semua impian tersebut, maka kamu perlu untuk mengatur perencanaan keuangan sejak dini agar mudah mencapai keinginan tersebut.

 

7. Menghindari Terjadinya Kesalahan dalam Berinvestasimenghindari kesalahan berinvestasi

Berinvestasi memang menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan untuk bisa memenuhi tujuan keuangan atau mencapai mimpi seseorang. Dalam hal ini, kamu juga perlu untuk melakukan perhitungan yang matang dan bisa menentukan pilihan instrumen investasi yang tepat agar nantinya tidak menyesal.

 

8. Jaminan Masa Tua yang Nyaman dan Bahagiajaminan masa tua bahagia

Adapun alasan pentingnya kamu membuat perencanaan keuangan yakni memperoleh jaminan masa tua yang nyaman dan bahagia. Hal ini dikarenakan kamu nantinya sudah tidak perlu lagi memikirkan mengenai masalah keuangan yang mungkin akan mengancam. Dengan begitu, maka hidup akan nterasa lebih aman, nyaman dan bahagia di hari tua nanti.

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Bulanan dengan Mudah

 

Cara Menyusun Perencanaan Keuangan yang Baik

Setelah melihat banyaknya manfaat penting dari perencanaan keuangan yang telah disebutkan di atas, kamu tentunya tertarik dan ingin untuk menyusun rencana keuangan dengan baik saat ini, juga? Lantas, bagaimana cara mudah untuk bisa melakukannya? Tenang, disini ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan dan terapkan dalam kehidupan sehatri – hari untuk bisa mengatur perencanaan keuangan dengan baik.

1. Menguraikan Tujuan Finansialmencatat tujuan financial

Agar semua yang diupayakan tidak berakhir sia – sia, maka kamu penting sekali untuk menguraikan tujuan finansial sendiri. Adapun tujuan finansial yang dimaksud ini bisa berupa membeli rumah, membeli kendaraan, memiliki usaha atau berbagai tujuan finansial lainnya. Disini, kamu perlu untuk menentukan arah tujuan finansial sebelum membuat rencana keuangan ke depannya.

 

2. Catat Semua Pengeluaran dan Pendapatan Bulanancatat pengeluaran dan pendapatan bulanan

Untuk mengetahui seberapa sehat kondisi keuangan yang kamu miliki, maka langkah yang bisa diambil yakni dengan mencatat semua pengeluaran dan pendapatan bulanan maupun tahunan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Dengan tips dan trik ini, maka kamu bisa lebih mudah untuk membuat laporan keuangan bulanan.

 

3. Lakukan Perencanaan untuk Dana Daruratperencanaan dana darurat

Meski terkesan sepele bagi sebagian orang, akan tetapi siapa sangka jika dana darurat ini penting bagi seseorang yang belum berkeluarga maupun yang sudah menikah. Sebab, dana darurat ini dapat digunakan untuk mempersiapkan biaya yang mungkin sewaktu – waktu bisa muncul tanpa diduga. Sehingga, kamu tidak perlu lagi mengambil uang dari anggaran kebutuhan yang lain.

 

4. Membayar Utang Tepat Waktumelunasi hutang

Agar perencanaan keuangan dapat berjalan dengan baik dan teratur ke depannya, maka sebaiknya kamu membayar utang tepat waktu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan lataran nominal utang biasanya akan terus membengkak jika tidak dibayarkan tepat waktu. Apalagi dengan adanya denda atau bunga yang harus dibayarkan.

 

5. Mulailah Menabung dan Berinvestasimulai menabung dan investasi

Hidup di zaman serba modern seperti sekarang ini, menabung dan berinvestasi menjadi kewajiban yang perlu diterapkan oleh setiap orang. Hal ini tentu saja tidak lain karena memiliki tujuan untuk bisa menjaga aset kita agar tetap bernilai di masa depan kelak. Dengan begitu, maka kamu nantinya akan aman ketika memerlukan dana yang mungkin mendesak.

 

6. Lakukan Perbaikan dari Kegagalan Perencanaan Keuangan Sebelumnyaperbaikan kegagalan perencanaan keuangan sebelumnya

Tips dan trik yang bisa kamu lakukan yakni dengan memperbaiki kegagalan dari perencanaan keuangan yang sudah dibuat sebelumnya. Dalam hal ini, kamu perlu instropeksi atas kekurangan / kesalahan yang dibuat sebelumnya. Baik itu dari segi pengeluaran, alokasi dana sampai dengan penggunaan dana setiap harinya untuk keperluan tertentu.

Baca Juga : 11 Kebiasaan Orang Sukses yang Wajib Kita Contoh!

 

Tetap Hemat Bersama Cashbac

Aplikasi Cashbac bisa turut membantu kamu untuk mewujudkan perencanaan keuangan yang baik. Kamu bisa gunakan aplikasi Cashbac untuk berhemat, ada ribuan outlet yang bisa kamu kunjungi dengan menggunakan aplikasi Cashbac. Kamu bisa dapat instant rewards yang bisa langsung kamu gunakan untuk pembelian berikutnya.

Di Aplikasi Cashbac juga banyak sekali promo menarik yang bisa kamu gunakan, diantaranya adalah promo bank.

Promo Bank adalah promo yang juga memberikan tambahan rewards sebanyak 50% jika kamu menggunakan kartu kredit atau kartu debit dari bank-bank ternama seperti kartu Visa, Standard Chartered, Mandiri, digibank, dan masih banyak lagi bank lainnya – INFO DETAIL.

 

Itulah sekilas informasi penting bagi kamu mengenai pengertian, alasan pentingya serta tips dan trik menyusun perencanaan keuangan untuk memudahkan dalam mencapai tujuan keuangan di masa depan.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store