Semenjak Coronavirus covid-19 dinyatakan sebagai global pandemi pada 2020 silam, tepatnya sejak 11 Maret 2020, sontak membuat tatanan kehidupan berubah secara drastis, mulai dari aktifitas sehari – hari, pekerjaan kantor, hingga aktivitas belajar mengajar mengalami penyesuaian akibat pandemi covid-19. Sarana umum hingga perkantoran di tutup sementara untuk mengurangi mobilitas orang – orang dan merubahnya dari tatap muka secara langsung menjadi serba online.

Seluruh negara – negara di dunia terdampak efek pandemi yang disebabkan oleh virus covid-19 ini, termasuk Indonesia. Kegiatan umum sehari – hari kini dilakukan secara online, termasuk kegiatan belajar mengajar tatap muka secara langsung di kampus harus ditiadakan sebagai tindakan untuk mencegah transmisi Covid-19.

Kegiatan Pembelajaran Secara Onlinebelajar online

Selama penetapan status pandemi, Mendikbud Indonesia yang kini menjadi Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim menetapkan kegiatan belajar mengajar dari sekolah dasar hingga perkuliahan dilakukan secara online. Walaupun begitu, setidaknya terhitung sudah 2 kali Menteri mengatakan pembelajaran tatap muka bisa dimulai kembali. Namun apa daya, hal tersebut belum bisa direalisasikan secara penuh, karena terbentur kritik lintas elemen dan risiko pandemi yang membayangi.

Baca Juga : Cara Hidup Hemat Anak Kost Anti Kantong Kering

 

Sisi Positif Kuliah Online Di Masa Pandemikuliah online

Walaupun sebenarnya kuliah yang dilakukan secara online ini adalah sebagai alternatif kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Namun disadari atau tidak terdapat nilai positif yang kamu dapatkan baik secara langsung maupun sebaliknya dibanding saat pembelajaran tatap muka. Simak rangkuman berikut ini mengenai sisi positif dari kegiatan belajar mengajar online ini.

– Kelengkapan materi belajar dari dosen

Pada saat kegiatan belajar secara langsung, mahasiswa diminta aktif untuk mencari materi – materi sendiri. Namun pada masa kini, para dosen telah menyiapkan seluruh dan langsung memberikan materi pembelajarannya pada para mahasiswanya. Hal ini dapat mempermudah kamu sebagai mahasiswa memenuhi perlengkapan kuliah lain yang tak kalah penting.

– Melatih manajemen waktu

Dengan adanya perkuliahan online ini, dirasa bisa menghemat waktu karena kamu tidak perlu pergi dari rumah menuju kampus. Dan waktu perkuliahan terjadwal lebih efisien dari waktu ke waktu. Dengan begitu kamu akan terbiasa memenej waktu untuk belajar dan waktu untuk diri sendiri, kalau kata millennial disebut work-life-balance.

– Mahasiswa mudah menyerap ilmu

Karena kamu telah melakukan manajemen perlengkapan kuliah diawal dengan baik, sehingga kamu akan merasakan sisi positif dari kuliah online ini yaitu mudah menyerap ilmu yang dipelajari. Dengan adanya kebebasan mencari sumber materi terkait dari laptop dan gadget lain secara mandiri, pasti kamu akan lebih mudah untuk memahami materi dari dosen.

 

Perlengkapan Kuliah Online

Sudah beberapa semester perkuliahan dilakukan secara online, walaupun awalnya terasa mudah dan ringan namun lama kelamaan mulai menemukan hambatan dari berbagai segi. Bagi kamu yang dulu sempat kuliah tatap muka dan kini harus online pasti merasakan satu perbedaan yang sangat signifikan. Untuk itu kamu harus mulai melakukan manajemen perlengkapan kuliah yang dibutuhkan, agar kuliah online tetap lancar.

Mungkin yang kamu rasakan adalah saat persiapan di awal dan perlengkapan kuliah yang sedikit berbeda dari periode – periode sebelumnya. Karena sudah menjadi kebiasaan dalam persiapan untuk perlengkapan kuliah online bisa membuat kamu kelabakan, maka untuk menghindari hal itu terjadi, kamu bisa simak ulasan berikut ini perlengkapan untuk menjalani masa perkuliahan online.

1. Laptop atau Komputerlaptop kuliah online

Perlengkapan kuliah di masa pandemi seperti ini membuat laptop dan perangkat komputer seperti mouse dan keyboard menjadi sangat penting serta wajib kamu miliki, mengingat perkuliahan dilakukan secara online. Karena dengan itu kamu dapat mengerjakan tugas, mengikuti kuliah online, hingga mempelajari e-book dari dosen menjadi lebih mudah.

2. Gadget Pendukunggadget pendukung kuliah online

Selain laptop kamu juga membutuhkan gadget pendukung lain seperti smartphone atau tablet yang ergonomis, dan earphone. Percaya deh, kalau kamu punya gadget pendukung akan membuat perkuliahan jadi lebih mudah karena ini sangat membantu dalam hal – hal yang berhubungan sifatnya lintas referensi disaat proses belajar mengajar.

3. Alat Tulis dan Buku Catatanbuku catatan kuliah online

Walaupun terkesan medieval, keberadaan alat tulis dan buku catatan tetaplah penting. Karena kamu mau tak mau harus mencatat hal – hal penting dari dosen pengajar. Tidak perlu terlalu banyak, cukup pulpen, pensil, dan buku tulis serta marker jika dibutuhkan.

4. Buku – Buku Referensibuku kuliah online

Buku referensi ini merupakan buku pegangan untuk mata kuliah yang kamu pelajari, baik itu buku – buku hardcopy maupun e-book yang disarankan oleh dosen – dosen mata kuliah. Buku – buku ini pun tak boleh luput dari perlengkapan kuliah kamu.

5. Koneksi Internetkoneksi internet kuliah online

Karena kegiatan belajar mengajar di masa pandemi ini dilakukan secara online, maka koneksi internet menjadi satu hal yang sangat vital, baik itu dari ISP atau tethering dari provider smartphone yang kamu gunakan. Bahkan Mas Menteri Nadiem sendiri membuat kebijakan tentang memberikan anggaran untuk kuota internet pendidikan.

Itulah tadi beberapa perlengkapan kuliah online di masa pandemi yang harus kamu persiapkan, sehingga aktivitas perkuliahan yang kamu jalani diharapkan tidak mengalami hambatan berarti. Namun, jika kamu harus melaksanakan satu perkuliahan yang harus ke kampus, selain membawa perlengkapan tadi ada juga perlengkapan kuliah lain yang tidak boleh kamu lupakan.

6. Flash Drive atau Flash Diskflash disk kuliah online

Flash drive atau flash disk ini juga penting dan menjadi salah satu perlengkapan kuliah yang wajib kamu miliki, fungsinya untuk menyimpan data – data perkuliahan seperti materi kuliah atau tugas yang berupa berkas digital atau file.

7. Tissue/Lap dan Disinfektanlap dan disinfektan

Kamu bisa membawa lap wajah berupa tissue basah ataupun kering untuk kepentingan menjaga kebersihan. Dengan hal ini kamu dapat membersihkan wajah tanpa harus menyentuh langsung dengan tangan. Sediakan juga disinfektan dan lap untuk membersihkan meja dan kursi serta peralatan tulis karena kamu tidak pernah tahu virus berbahaya bisa ada dimana – mana.

8. Masker dan Hand Sanitizermasker dan hand sanitizer kuliah online

Di masa pandemi covid-19 ini masker akan sangat kamu butuhkan, karena hal ini menjadi anjuran dari WHO dan kementrian kesehatan Indonesia untuk selalu menggunakan masker terutama saat kamu berada di luar rumah. Pastikan kamu menggunakan masker sesuai anjuran pakar – pakar kesehatan agar memperkecil resiko terkena paparan virus covid-19.

Juga jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer, hand sanitizer bisa mematikan bakteri dan virus yang menempel di tangan setelah kamu memegang benda – benda yang berpotensi dapat menyebarkan virus.

Baca Juga: Macam-Macam Masker Covid-19, Cara Memilih dan Memakainya

 

Beli Perlengkapan Kuliah dengan Cashbac

Ada bonus points hingga 100 ribu yang berlaku di seluruh outlet Ace Hardware, Ace Express, Informa, Selma, Toys Kingdom, Ataru, Bike Colony, Dr Kong, Pendopo, Travelink yang terdaftar pada aplikasi Cashbac!


Ada juga promo bank dimana kamu bisa hemat hingga 50%! Kamu bisa pakai di GRAMEDIA atau membeli paket data internet di GALLERY SMARTFREN untuk melengkapi perlengkapan kuliah kamu.


Nah, tadi adalah manajemen perlengkapan kuliah yang harus kamu siapkan untuk menjalani masa kuliah baik perkuliahan secara online atau e-learning atau saat kamu harus pergi ke kampus nantinya. Karena semua hal itu sangat penting bagi kesehatan di masa pandemi ini dan untuk pendidikanmu.

Semoga ulasan ini bisa membantu kamu untuk mempersiapkan perlengkapan kuliah online di masa pandemi ini serta bisa melihat sisi positifnya.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store