Tanpa terasa, kita akan memasuki bulan puasa tahun 2020. Mari kita menyambut Ramadhan dengan penuh suka cita dan kegembiraan, walaupun kita tahu situasi sekarang sedang kurang baik akibat adanya pandemi corona covid-19.

Untuk itu, kita butuh persiapan Ramadhan yang baik karena saat melaksanakan ibadah puasa di tengah pandemi ini, tentunya kita tidak bisa keluar rumah untuk membeli takjil, berbuka puasa bersama diluar, atau bahkan shalat tarawih.

Persiapan Ramadhan, Apa yang Harus Dipenuhi?

Agar puasa kamu lancar tanpa hambatan di tengah situasi pandemi corona covid-19 saat ini, berikut ini kami berikan tips persiapan menyambut bulan puasa Ramadhan tahun ini:

1. Stok Makananstok makanan dirumah

Yang dimaksud stok makanan disini bukan berarti kita harus panic buying dengan menimbun banyak bahan makanan. Yang wajib, kamu harus tetap menyetok bahan makanan untuk 1 minggu, selain mencegah makanan menjadi basi atau kurang baik kualitasnya karena terlalu lama disimpan, juga kamu tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang untuk berbelanja.

Kamu bisa merencanakan menu 1 minggu kedepan untuk sahur dan berbuka puasa, kemudian buat daftar bahan makanan yang dibutuhkan untuk membuat menu tersebut.

Kamu bisa memilih bahan makanan yang awet atau bisa disimpan beberapa hari atau seminggu di dalam lemari es.

 

2. Masak Sendirimasak sendiri dirumah

Setelah kamu menyetok makanan, sudah pasti kamu harus masak sendiri untuk sahur dan buka puasa. Di saaat pandemi corona covid-19 ini sudah pasti banyak tempat makan yang tutup, selain masak sendiri akan lebih bersih dan higienis, juga bisa membuat kamu lebih berhemat.

Jika kamu tidak pandai memasak, gampang! Kamu tinggal lihat dari video-video di internet tentang cara memasak makanan kesukaan kamu. Memang perlu sedikit penyesuaian dan adaptasi untuk mengerjakannya, tetapi mungkin waktu sebulan berpuasa bisa membuat kamu menjadi koki yang handal.

 

3. Jaga Kebersihancuci bersih alat dapur

Kebersihan adalah hal yang paling utama saat ini, sudah sangat gencar himbauan untuk menjaga kebersihan seperti selalu mencuci tangan, mandi, dan lain sebagainya.

Demikian pula untuk kebersihan peralatan makan kamu seperti piring, mangkuk, sendok, garpu, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga dengan alat masak seperti penggorengan dan panci, perlu kamu cuci dengan bersih agar tetap steril dan higienis.

Walaupun kita selalu #DiRumahAja kita harus tetap antisipasi, karena penularan virus corona covid-19 bisa juga dari benda-benda yang kita punya yang datangnya dari luar seperti uang, bahan belanjaan, barang-barang yang kamu beli, dan benda lainnya.

Baca juga: 6 Cara Mencuci Tangan yang Benar, Perlu Kita Ketahui!

 

4. Jaga Kesehatanjaga kesehatan puasa

Satu hal yang paling penting juga adalah menjaga kesehatan, supaya kegiatan puasa Ramadhan kita bisa berjalan dengan baik dan lancar, serta kegiatan kita yang lain seperti pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

Beberapa caranya adalah dengan selalu makan makanan yang bergizi, perbanyak minum air putih, tidur yang cukup, dan sempatkan berolahraga sedikit.

Baca juga: Pola Hidup Sehat Ternyata Mudah Dilakukan Siapa Saja!

 

5. Tetap Fokus

Puasa dan keadaan pandemi seperti saat ini jangan membuat kita menjadi hilang semangat atau malas melakukan kewajiban kita seperti beribadah dan bekerja.

Adanya himbauan pemerintah untuk mengerjakan sholat tarawih dirumah jangan mengendorkan semangat kita untuk beribadah di rumah. Demikian juga untuk bekerja, anjuran work from home atau bekerja dari rumah harus tetap membuat kita tetap dapat menyelesaikan tugas pekerjaan kita dengan baik.

 

Persiapan Ramadhan Agar Semua Lancar

Persiapan yang baik dan matang akan membuat ibadah puasa Ramadhan kita berjalan dengan lancar. Di sisi lain semua perkerjaan kita juga bisa terselesaikan dengan baik.

Cashbac sangat mendukung kamu di bulan puasa Ramadhan ini, ada banyak sekali promo yang bisa kamu dapatkan, diantaranya adalah:

#CashbacLebihBerkah – Banyak promo Ramadhan menarik!

#TetapAman & #TetapHemat saat berpuasa

Dapatkan diskon spesial untuk delivery makanan

Selalu gunakan Cashbac untuk semua keperluan kamu, bisa sangat menghemat pengeluaran kamu di saat kondisi seperti sekarang ini.

Selamat Menunaikan Ibada Puasa Ramadhan 1441H!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store