Pola hidup konsumtif sangat erat kaitannya dengan sifat hedon atau hedonisme. Gaya hidup yang modern sering diasumsikan sebagai biaya hidup yang konsumtif atau menghambur-hamburkan uang demi kepentingan atau hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Zaman yang semakin maju dan modern ini secara langsung mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Tuntutan hidup modern yang semakin tinggi akan membuat seseorang semakin konsumtif.

 

Pengertian Konsumtifpengertian konsumtif

Sebelum membahas lebih dalam tentang gaya atau pola hidup konsumtif ada baiknya kamu tahu apa itu pengertian konsumtif terlebih dahulu. Konsumtif sendiri artinya berlebihan dalam membeli atau membelanjakan uang yang dimilikinya sehingga sifat satu ini mendorong seseorang untuk hidup boros. Gaya hidup konsumtif sendiri memiliki arti pandangan hidup yang menganggap akan materi menjadi tujuan utama di dalam kehidupan.

Orang akan dikatakan memiliki hidup konsumtif saat melakukan aktivitas yang menghabiskan maupun menghamburkan banyak uang dan waktu. Ada sebagian orang yang menganggap jika gaya hidup yang konsumtif mampu memberikan kebahagiaan, kepuasan dan juga kenikmatan tersendiri yang mana sifatnya adalah sementara.

Tidak jarang mereka yang memiliki gaya hidup konsumtif ini menghabiskan banyak uang dan waktunya secara berulang-ulang untuk bisa kembali merasakan kebahagiaan, kepuasan dan kenikmatan yang sifatnya semu dan sementara. Tentu saja jika hal ini dilakukan terus menerus akan menyebabkan kesehatan finansial dan mental menjadi kurang baik. Oleh sebab itu jika kamu merasa memiliki gaya hidup satu ini penting untuk mulai mengubahnya perlahan-lahan.

Baca Juga: 6 Cara Hidup Hemat, Wajib Dilakukan Setelah Terima Gaji!

 

Dampak Negatif Perilaku Konsumtif

Ada banyak sekali dampak dari gaya atau pola hidup konsumtif yang wajib kamu ketahui terutama jika hal tersebut kamu lakukan terus menerus. Simak beberapa dampak yang bisa kamu alami berikut ini:

1. Lapar Mata

lapar mata belanja

Dampak negatif yang pertama adalah membuat lapar mata. Orang yang memiliki gaya hidup konsumtif mudah menjadi lapar mata. Saat ia menemukan barang yang sekiranya lucu dan menarik pasti akan langsung ia beli tanpa pertimbangan yang matang. Kebanyakan orang yang memiliki gaya hidup konsumtif ini membeli sesuai dengan keinginan bukan sesuai dengan kebutuhan. Barang yang dibeli biasanya tidak penting-penting amat dan kurang fungsional.

 

2. Mudah Terbujuk

mudah terbujuk belanja

Dampak negatif yang sering terjadi selanjutnya adalah mudah terbujuk rayuan orang lain. Saat sudah memiliki lapar mata kamu akan mudah terbujuk dengan omongan atau rayuan orang lain. Misalnya saja teman kamu menggunakan tas A, dia bilang ke kamu jika tas itu memiliki desain yang bagus, edisi terbatas dan lain sebagainya kamu akan menjadi tertarik untuk membeli tas yang sama padahal kamu sudah memiliki banyak tas. Tidak hanya itu saja kamu juga akan memiliki rasa ingin memiliki yang besar, misalnya saja teman menggunakan barang A kamu juga akan memiliki keinginan yang besar untuk memiliki barang yang sama.

 

3. Terjerat Hutang

terjerat hutang belanja

Gaya hidup konsumtif bisa menyebabkan masalah finansial yang serius. Gaya hidup konsumtif kamu bisa mengalami masalah keuangan dan finansial seperti terjerat hutang. Hutang bisa terjadi saat memiliki banyak keinginan namun pendapatan yang didapatkan lebih kecil dibandingkan dengan pengeluaran. Hutang ini wajib kamu bayar dan jika kamu tidak mampu membayar membuat kamu kehilangan aset yang dijadikan sebagai jaminan. Agar hal itu tidak terjadi penting bagi kamu untuk mengubah kebiasaan itu sekarang.

 

4. Tidak Memiliki Tabungan

tidak memiliki tabungan

Uang yang kamu miliki bukan untuk dihabiskan namun sebagian disimpan untuk tabungan. Kamu akan memiliki manajemen keuangan yang buruk. Manajemen uang yang baik adalah 20 persen dari gaji atau pendapatan kamu ini disisihkan untuk menabung atau membayar hutang, 30 persen gaji digunakan untuk membeli barang yang diinginkan dan 50 persennya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

 

5. Tidak Memiliki Rencana Masa Depan yang Matang

tidak memiliki rencana masa depan yang matang

Apa yang terjadi di masa mendatang adalah dampak yang kamu lakukan hari ini baik itu jangka pendek atau jangka panjang. Jika di hari ini dan seterusnya kamu terus berperilaku konsumtif di masa depan kamu akan kesusahan karena terus membelanjakan uang yang kamu miliki.

Semua penghasilan yang kamu dapatkan akan habis untuk membeli barang yang tidak terlalu penting dan bermanfaat. Saat yang lainnya sudah menabung dan merencanakan masa depan sifat konsumtif yang kamu miliki ini akan membuat kamu sulit untuk merencanakan dan merealisasikan rencana yang sudah kamu susun.

Baca Juga: Tips Hemat Belanja Kebutuhan Sehari Hari, Intip Yuk!

 

Contoh Perilaku Konsumtif Sehari-Hari

konsumtif karena diskon

Ada beberapa perilaku konsumtif sehari-hari yang wajib kamu ketahui. Misalnya saja di saat sedang pandemi seperti saat ini banyak masyarakat yang berperilaku konsumtif dengan membeli berbagai macam barang, padahal barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan.

Adanya embel-embel diskon membuat masyarakat semakin konsumtif dan giat belanja. Tidak cukup sampaiĀ  disitu saja, ada juga yang akhirnya nekat mengambil pinjaman online demi membeli barang ‘diskon’ tersebut.

Contoh perilaku konsumtif lainnya adalah terlalu sering memesan makanan secara online demi memanfaatkan voucher yang dimilikinya dan memanfaatkan promo. Hal yang berlebihan seperti itu hanya akan membuat financial menjadi tidak sehat.

Baca Juga: Ini 7 Cara Menghemat Uang Gaji Bulanan, Dijamin Ampuh!

 

Cara Menghindari Pola Hidup Konsumtif

Supaya tidak terjebak ke dalam perilaku pola hidup konsumtif ada beberapa cara atau tips yang bisa kamu lakukan seperti berikut ini:

1. Buat Prioritas

buat list prioritas

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghindari pola hidup konsumtif adalah buat skala prioritas. Dengan prioritas ini kamu bisa menghindari sifat hedonisme dan bermewah-mewahan. Tanamkan dalam pikiran jika kamu harus memprioritaskan apa yang sudah kamu buat dalam daftar tersebut. Jika muncul hasrat atau keinginan yang di luar kebutuhan itu kamu bisa berpikir panjang apa barang tersebut benar-benar kamu butuhkan atau hanya keinginanĀ  semata.

 

2. Mulai Investasi

mulai berinvestasi

Cara menghindari pola hidup konsumtif selanjutnya adalah mulai dengan investasi. Orang dengan gaya hidup konsumtif ini menabung atau investasi sangat sulit. Jika kamu menjadi salah satunya cobalah untuk menabung dan berinvestasi dimana keduanya ini sangat penting untuk masa depan kamu. Dengan menabung kamu bisa mempersiapkan biaya pendidikan anak, membayar DP rumah atau mempersiapkan masa tua yang nyaman bersama dengan keluarga. Menabung tidak harus dalam jumlah banyak, bisa dilakukan sedikit demi sedikit asal konsisten.

 

3. Hindari Cuci Mata Online Maupun Offline

hindari cuci mata belanja

Hambatan terbesar untuk menghindari gaya hidup konsumtif adalah menghindari cuci mata baik offline maupun online. Godaan dari belanja online ini jauh lebih besar karena usaha untuk berbelanja tidak banyak berbeda dengan saat berbelanja saat offline. Yang awalnya hanya cuci mata saja bisa berakhir dengan checkout barang belanjaan. Terutama bagi yang memiliki mobile banking maupun kartu kredit yang semakin mudah dalam melakukan pembayaran maupun pengisian saldo. Tidak jarang mereka berperilaku konsumtif dengan membeli banyak barang secara online.

 

4. Kurangi Intensitas Berkumpul dan Sosialisasi

kurangi berkumpul agar tidak konsumtif

Jika kamu sering sekali berkumpul bersama teman, kamu bisa mengurangi kegiatan tersebut. Terlebih lagi jika acara kumpul-kumpul tersebut tidak memberikan manfaat yang berarti untuk kamu, akan lebih baik jika kamu menghindarinya. Berkumpul bersama teman terlalu sering akan menyebabkan perilaku konsumtif itu muncul.

Baca Juga: Tips Belanja Hemat di Masa Pandemi

 

Hindari Pola Hidup Konsumtif dengan Cashbac

Ada bonus points hingga 100 ribu yang berlaku di seluruh outlet Ace Hardware, Ace Express, Informa, Selma, Toys Kingdom, Ataru, Bike Colony, Dr Kong, Pendopo, Travelink yang terdaftar pada aplikasi Cashbac!


Ada juga promo bank dimana kamu bisa hemat hingga 50%! Kamu bisa pakai di ribuan outlet favorit kamu untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari.


Pola hidup konsumtif itu harus kamu hindari karena menyebabkan masalah finansial kedepannya, lakukan beberapa tips di atas untuk mengurangi bahkan menghilangkan gaya hidup konsumtif yang kamu miliki.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store