Hi Cashbacers! Wah tidak terasa kita sudah memasuki bulan puasa Ramadhan 2020 atau  1441 Hijriah, bulan penuh berkah yang ditunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia untuk menunaikan ibadah puasa. Siapa yang tidak rindu dengan bulan penuh berkah ini.

Memang tahun ini akan terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya wabah COVID-19 yang terjadi di Dunia, mengharuskan kita agar menghindari tempat ramai atau dikenal dengan istilah Social Distance, tidak bersalaman sementara dan juga menjaga jarak 1 – 2 meter dengan orang lain. Bahkan pemerintah di Indonesia pada 18 April 2020 telah mempertegas dengan adanya aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Baca Juga: Apa itu PSBB? Semua Tentang PSBB, Wajib Kamu Ketahui!

Seperti yang kita tahu dibulan suci Ramadhan setiap umat muslim selain menjalankan ibadah puasa sebulan penuh ada kegiatan lainnya yang menjadi tradisi tahun ke tahun seperti;

  • Sholat Wajib dan Tarawih berjamaah di Masjid.
  • Sahur & Buka Puasa Bersama dengan keluarga, teman, rekan kerja sebagai bentuk silaturahmi.
  • Hunting ta’jil (kue kering, manisan dan lainnya).
  • Ngabuburit dengan berbagai kegiatan positif di luar rumah.
  • Takbiran keliling dengan suara lantunan takbir.
  • Mudik ke kampung halaman.

Nah karena pandemi Corona Virus (COVID-19) ini mengharuskan kita untuk #DiRumahAja agar #TetapAman, kita tentu bisa melakukan berbagai cara ini agar tetap khusyuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan:

 

Ikut Kajian Islami Online

Di era modernisasi seperti saat ini, hampir banyak kegiatan yang kita lakukan berhubungan dengan media online seperti berkomunikasi, bertransaksi, olahraga hingga memesan makanan pun melalui media daring. Tidak menutup kemungkinan jika kita juga dapat mendengarkan ceramah, kultum, pengajian hingga doa bersama yang tersambung secara online dengan sumber yang pasti baik melalui media sosial yang ada ataupun streaming lainnya. Dan Sholat Berjamaah Tarawih bersama keluarga #DiRumahAja.

 

Ngabuburit Online

Jika biasanya ngabuburit itu dengan cara jalan-jalan di mall, atau melakukan aktifitas di luar ruangan, kali ini kamu bisa coba tetap ngabuburit tapi melalui media online yang positif seperti halnya menonton kajian online, belajar mengasah keahlian seperti memasak atau keterampilan lainnya atau kursus secara online. Bermain game atau nonton streaming juga bisa jadi cara ampuh untuk kamu bisa ngabuburit #DiRumahAja.

Cashbac juga punya cara loh untuk mengisi kegiatan kamu ngabuburit nanti secara online. Dengan membahas tempat-tempat mencari atau cara membuat ta’jil yang nikmat seperti yang kita temui di pasar-pasar yang tutup karena pandemi ini.

 

Jaga Kesehatan Onlineolahraga online

Tentu hal ini tidak asing bagi kita yang sudah melakukan social distancing dengan #DiRumahAja, ketika berpuasa juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga ringan. Kali ini karena tempat umum untuk berolahraga juga dibatasi, kamu juga bisa berolahraga secara online loh.

Ada beberapa kelas online yang memberikan arahan untuk berolahraga dari rumah, tentu ini sangat memudahkan karena kita tetap berkeringat tanpa keluar dari rumah. Yang kamu perlukan adalah ruangan yang cukup untuk melakukan gerakan olahraga kamu, alas agar untuk olahraga, internet agar terhubung online class dan tentunya niat untuk hidup sehat.

Selain itu kamu juga bisa mulai belajar membuat makanan yang sehat dari rumah, karena homemade selain lebih sehat juga memiliki kepuasan tersendiri bagi yang membuatnya. Yang kamu perlukan adalah bahan-bahan makanan untuk persiapan ta’jil, sahur atau berbuka puasa misalnya, kamu bisa dapatkan dengan mudah di minimarket terdekat seperti AlfaMart dan FamilyMart.

Baca Juga: Rewards Special 40% di FamilyMart dengan Cashbac bisa pesan via Whatsapp Chat

 

Silaturahmi Onlinesilaturahmi online

Kalo biasanya di tahun-tahun sebelumnya ada ajakan teman atau sahabat untuk bukber atau buka puasa bersama di suatu tempat, kali ini kamu bisa pakai cara unik nih. Yup dengan cara conference video call. Kamu bisa gunakan aplikasi khusus seperti Zoom, WhatsApp, Instagram Video, Google Hangout dan lainnya yang dapat digunakan secara gratis agar dapat tersambung secara online dengan sahabat atau keluarga dari rumah.

Kamu bisa tetap sahur dan buka puasa bareng sahabat atau keluarga dengan #DiRumahAja, tentu ini bisa mengobati rasa rindu kita karena tidak bisa bertemu setelah sekian lama. Bahkan ketika mudik sebagai tradisi tahun ke tahun sejak dahulu kala tentu kali ini menjadi hal yang berbeda. Karna adanya himbauan dari Pemerintah untuk tidak mudik untuk mencegah penyebaran semakin luas.dilarang mudik

Berhalangan mudik tentu bukanlah hal baru bagi mereka yang bekerja dibagian tenaga medis, petugas keamanan (Polisi, TNI, security), petugas SPBU, petugas tol, karyawan hotel, jurnalis, petugas kebersihan, pilot dan pramugari adalah profesi yang bisa dikatakan sulit untuk mudik ke kampung halaman. Apalagi ketika musim mudik tiba justru hal itu merupakan sesuatu yang langka bagi mereka karena tidak setiap tahun mereka bisa mudik lebaran apalagi sholat ied di kampung halaman.

Mereka tetap berkomunikasi dengan keluarga mereka dari jauh dengan media online, telepon atau mengirim pesan melalui aplikasi. Rindu? Pasti karena bisa bertemu dan menghabiskan waktu bersama keluarga ketika lebaran merupakan hal yang selalu ditunggu umat islam khususnya di Indonesia. Tapi kali ini kita harus bersabar menahan diri untuk tidak mudik sesuai anjuran yang ada demi Indonesia lebih baik.

 

Jalankan Puasa Ramadhan 2020 dengan Baik

Tetap jalankan bulan puasa Ramadhan 2020 ini dengan baik. Cashbac sangat mendukung kamu di bulan puasa Ramadhan ini, ada banyak sekali promo yang bisa kamu dapatkan, diantaranya adalah:

#CashbacLebihBerkah – Banyak promo Ramadhan menarik!

#TetapAman & #TetapHemat saat berpuasa

Dapatkan diskon spesial untuk delivery makanan

Selalu gunakan Cashbac untuk semua keperluan kamu, bisa sangat menghemat pengeluaran kamu di saat kondisi seperti sekarang ini.

Selamat Menunaikan Ibada Puasa Ramadhan 2020 – 1441H! Semoga pandemi ini cepat berlalu #TetapAman #DiRumahAja.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store