Wah tidak terasa kita sudah memasuki bulan puasa Ramadhan 2022 atau 1443 Hijriah, bulan penuh berkah yang ditunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia untuk menunaikan ibadah puasa. Siapa yang tidak rindu dengan bulan penuh berkah ini.

Memang tahun ini akan terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena masih adanya wabah COVID-19 yang terjadi di nunia, mengharuskan kita agar menghindari tempat ramai atau dikenal dengan istilah Social Distancing, tidak bersalaman sementara dan juga menjaga jarak 1 – 2 meter dengan orang lain.

Baca Juga: Persiapan Ramadhan, Bulan Puasa Saat Masih Pandemi

Seperti yang kita tahu dibulan suci Ramadhan setiap umat muslim selain menjalankan ibadah puasa sebulan penuh ada kegiatan lainnya yang menjadi tradisi tahun ke tahun seperti;

  • Sholat Wajib dan Tarawih berjamaah di Masjid.
  • Sahur & Buka Puasa Bersama dengan keluarga, teman, rekan kerja sebagai bentuk silaturahmi.
  • Hunting ta’jil (kue kering, manisan dan lainnya).
  • Ngabuburit dengan berbagai kegiatan positif di luar rumah.
  • Takbiran keliling dengan suara lantunan takbir.
  • Mudik ke kampung halaman.

Nah karena pandemi Corona Virus (COVID-19) segala kegiatan ibadah harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat, kita tentu bisa melakukan berbagai cara ini agar tetap khusyuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan:

 

Ikut Kajian Islami Onlineikut kajian online

Di era modernisasi seperti saat ini, hampir banyak kegiatan yang kita lakukan berhubungan dengan media online seperti berkomunikasi, bertransaksi, olahraga hingga memesan makanan pun melalui media daring. Tidak menutup kemungkinan jika kita juga dapat mendengarkan ceramah, kultum, pengajian hingga doa bersama yang tersambung secara online dengan sumber yang pasti baik melalui media sosial yang ada ataupun streaming lainnya.

 

Ngabuburit Onlinengabuburit online - main games

Jika biasanya ngabuburit itu dengan cara jalan-jalan di mall, atau melakukan aktifitas di luar ruangan, kali ini kamu bisa coba tetap ngabuburit tapi melalui media online yang positif seperti halnya menonton kajian online, belajar mengasah keahlian seperti memasak atau keterampilan lainnya atau kursus secara online. Bermain game atau nonton streaming juga bisa jadi cara ampuh untuk kamu bisa ngabuburit dri rumah.

Cashbac juga punya cara loh untuk mengisi kegiatan kamu ngabuburit nanti secara online. Dengan banyaknya games berhadiah di Instagram Cashbac, jangan sampai dilewatkan ya.

 

Jaga Kesehatan Onlineolahraga online

Tentu hal ini tidak asing bagi kita yang sudah melakukan social distancing dengan beradah di rumah saja, ketika berpuasa ramadhan juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga ringan. Kali ini karena tempat umum untuk berolahraga juga dibatasi, kamu juga bisa berolahraga secara online loh.

Ada beberapa kelas online yang memberikan arahan untuk berolahraga dari rumah, tentu ini sangat memudahkan karena kita tetap berkeringat tanpa keluar dari rumah. Yang kamu perlukan adalah ruangan yang cukup untuk melakukan gerakan olahraga kamu, alas agar untuk olahraga, internet agar terhubung online class dan tentunya niat untuk hidup sehat.

Selain itu kamu juga bisa mulai belajar membuat makanan yang sehat dari rumah, karena homemade selain lebih sehat juga memiliki kepuasan tersendiri bagi yang membuatnya. Yang kamu perlukan adalah bahan-bahan makanan untuk persiapan ta’jil, sahur atau berbuka puasa misalnya, kamu bisa dapatkan dengan mudah di minimarket terdekat seperti AlfaMart dan FamilyMart.

Baca Juga: Beli Perlengkapan Rumah dan Olahraga Hemat 100 Ribu

 

Shalat Tarawih dengan Protokol Ketat

shalat tarawih berjamaah

Kalau di tahun sebelumnya pemerintah tidak memperbolehkan ini, maka pada tahun ini seperti dilansir Kompas, pemerintah sudah memperbolehkan shalat tarawih berjamaah di masjid, tetapi dengan syarat disiplin protokol kesehatan yang ketat.

Adapun protokol kesehatan tersebut adalah disiplin menggunakan masker wajah, mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan sesama jamaah.

 

Mudik Bagi yang Sudah Vaksin Lengkap
dilarang mudik

Sesuai ketentuan pemerintah, kamu bisa tetap mudik tahun ini dengan syarat kamu sudah melakukan vaksinasi lengkap. Dalam arti masyarakat yang sudah melakukan dua kali vaksin dan satu kali vaksin booster diperbolehkan melakukan mudik ke kampung halaman.

 

Jalankan Puasa Ramadhan 2022 dengan Baik

Tetap jalankan bulan puasa Ramadhan 2022 ini dengan baik. Cashbac sangat mendukung kamu di bulan puasa Ramadhan ini, ada banyak sekali promo yang bisa kamu dapatkan, diantaranya adalah:

cashback mcdonald's e-voucherE-Voucher McDonald’s 25 Ribu Seharga 1 Point Cashbac


cashback mcdeliveryPromo Bank Ramadan


cashback mcdeliverySahur & Buka Puasa Hemat dengan McDelivery


cashbac kawan lama 75 ribuHemat 75.000 Beli Perabotan


Rewards Menarik dari Bank

Jadi, pakai Cashbac bisa sangat menghemat pengeluaran kamu di saat kondisi seperti sekarang ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1443H!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store