Menu sahur praktis – Sahur merupakan kegiatan yang cukup penting untuk dilakukan saat bulan puasa. Selain bertujuan untuk nilai ibadah, sahur menjadi aktivitas yang dilakukan untuk mempersiapkan tubuh agar tetap mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menjalankan puasa selama sehari penuh. Sayangnya masih banyak orang yang belum memahami bagaimana memilih macam-macam menu sahur yang sehat dan baik dikonsumsi.

Sebagai ibu rumah tangga yang bertanggung jawab menyiapkan menu sahur untuk keluarga kamu, beberapa tips memilih macam-macam menu sahur praktis berikut ini mungkin akan bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga: Kegiatan Ramadhan di Indonesia yang Jadi Tradisi!

 

Tips Memilih Macam-Macam Menu Sahur

kegiatan sahur

Ada banyak macam-macam menu sahur yang bisa kamu sajikan saat sahur. Namun ada beberapa tips memilih menu sahur praktis yang sehat dan mengenyangkan agar puasa kamu dan anggota keluarga lancar sampai waktu berbuka. Berikut ini tipsnya:

– Pilihlah menu makanan yang mengandung karbohidrat komplek. Hal ini bertujuan agar kamu dapat merasakan kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar saat siang harinya.

– Jangan lupakan sayur dan buah, kedua menu ini mengandung banyak serat yang dapat menjaga kamu tetap kenyang meski sedang berpuasa. Sayur dan buah juga mengandung vitamin dan mineral yang sehat untuk tubuh.

– Hindari makanan instan seperti misalnya mie instan. Makanan ini memang sangat praktis, akan tetapi kurang sehat dan sifat kenyangnya hanaya sebentar saja.

– Hindari masakan atau makanan yang banyak mengandung minyak, salah satunya gorengan. Minyak yang terdapat dapat gorengan menjadikan puasa kamu menjadi kurang sehat, dan juga dapat memicu radang.

– Pastikan bahwa dalam macam-macam menu sahur yang kamu sajikan terdapat menu protein. Bahan pangan protein memiliki gizi yang dibutuhkan tubuh, juga bisa memberikan energi instan bagi tubuh kamu saat berpuasa.

– Saat sahur sebaiknya kamu mengurangi masakan yang bersantan apalagi pedas. Masakan dengan santan dan pedas dapat dengan mudah memicu asam lambung, sehingga membuat puasa kamu nantinya menjadi kurang nyaman.

 

Menu Sahur Praktis dan Mengenyangkan

Jika melihat pada tips memilih menu sahur praktis diatas, maka dapat dilihat bahwa menu sahur yang sehat itu setidaknya terdiri dari beberapa bahan pangan. Meliputi karbohidrat, protein sayur, dan buah.

Berikut ini adalah beberapa bahan pangan yang sehat untuk dijadikan bahan masakan menu sahur praktis dan mengenyangkan:

1. Nasimenu sahur praktis - nasi

Nasi merupakan salah satu mkanan pokok yang tidak boleh dilewatkan, makan apapun seperti terasa tidak kenyang jika tidak ada nasi. Nasi adalah sumber karbohidrat yang memang bisa membuat kamu kenyang yang akan membuat kamu bisa menjalani puasa ramadhan dengan baik.

 

2. Telurmenu sahur praktis - telur

Telur merupakan salah satu sumber protein yang cukup tinggi, mudah didapatkan dan harganya pun cukup terjangkau. Kandungan proteinnya yang tinggi membuat penyerapan telur juga cukup lama, sehingga dapat mempertahankan rasa kenyang kamu cukup lama juga.

Untuk menu sahur praktis kamu, telur dapat diolah menjadi lauk, misalnya diceplok, didadar, diorak-arik, direbus, atau bisa juga dijadikan sebagai campuran dalam salad kamu.

 

3. Berbagai Jenis Ikanmenu sahur praktis - ikan

Ikan merupakan sumber protein hewani yang juga mengandung banyak vitamin dan mineral, tak heran kala ikan juga menjadi salah satu bahan pangan yang sangat cocok untuk menu sahur sehat kamu. Cara pengolahannya pun cukup praktis, kamu dapat mengolah ikan menjadi berbagai menu seperti pepes ikan, ikan kukus, sup ikan, atau bisa juga digoreng dengan airfryer tanpa minyak agar tetap sehat.

Menurut sebuah penelitian, asam lemak omega-3 dapat meningkatkan perasaan kenyang pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas . Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein pada ikan mungkin memiliki efek yang lebih kuat pada rasa kenyang daripada sumber protein lainnya.

 

4. Daging Sapimenu sahur praktis - daging sapi

Daging sapi adalah makanan yang berprotein tinggi, pilihlah daging tanpa lemak yang mengenyangkan. Misalnya, daging sapi dapat memiliki efek kuat pada rasa kenyang. Menurut penelitian, daging sapi memiliki skor 176 pada indeks kenyang, yang merupakan tertinggi kedua dari makanan kaya protein, setelah ikan. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang makan daging protein tinggi saat makan siang, makan 12 persen lebih sedikit saat makan malam, dibandingkan dengan mereka yang makan karbohidrat tinggi untuk makan siang.

Pengolahan daging sapi pun tidak terlalu sulit, kamu bisa membuat rendang, gulai, atau tongseng dari daging sapi ini. Resepnya banyak bisa kamu temukan di internet.

 

5. Daging Ayammenu sahur praktis - daging ayam

Daging ayam sudah menjadi makanan favorit bagi banyak orang sejak lama dan menjadi salah satu menjadi sumber protein. Harganya yang lebih terjangkau daripada daging sapi, membuat ayam menjadi salah satu bahan makanan utama yang selalu ada dalam kulkas.

Pengolahan daging ayam pun sangat mudah, dengan cara digoreng, dibakar, ataupun dibuat sup dengan daging ayam ini.

Daging ayam juga mempunyai kandungan gizi yang tak kalah sehat daripada daging sapi. Kepopuleran daging ayam sangat berkembang pesat, hingga menjadi makanan utama di restoran-restoran cepat saji.

 

4. Berbagai Jenis Sayuran Hijaumenu sahur praktis - sayuran hijau

Salah satu dari macam-macam menu sahur yang wajib ada di meja makan kamu adalah sayuran hijau. Saur mengandung banyak serat yang akan membantu menjaga dan merawat kesehatan pencernaan kamu saat puasa. Salah satu efek terbesarnya biasanya yaitu membantu kamu agar terhindar dari sembelit.

Sayuran hijau juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga cukup baik dan sehat untuk tubuh kamu.

 

5. Aneka Buah-Buahanmenu sahur praktis - buah-buahan

Saat sahur kamu juga membutuhkan asupan gizi dari buah-buahan. Tak harus buah yang  mahal, kamu juga bisa mengkonsumsi buah yang murah dan mudah kamu temui di pasar. Misalnya saja buah apel, pisang, semangka dan melon.

Semangka dan melon mengandung cukup banyak air, sehingga dapat membantu agar tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik selama menjalankan puasa. Apel dan pisang memiliki kandungan serat dan juga vitamin, sehingga mampu menjaga stamina tubuh dan membantu kamu tidak mudah lapar saat siang hari.

 

Tidak Sempat Membuat Menu Sahur?

Buat kamu yang sibuk dan tidak sempat menyiapkan makan sahur walaupun yang praktis sekalipun kamu tidak perlu kuatir, kamu bisa pesan McDonald’s melalui aplikasi McDelivery atau website McDelivery.co.id (Klik tombol dibawah).

download mcdelivery app
visit mcdelivery website

Jika ingin lebih hemat kamu bisa menggunakan aplikasi Cashbac, ada Cashback 50% lho.

Cashback 50% McDelivery!

Tips diatas bisa kamu jadikan sebagai pedoman dalam menyusun menu sahur praktis dan mengenyangkan untuk keluarga kamu. Selamat makan sahur!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store