Kebahagiaan bisa datang dari banyak hal. Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan untuk menghilangkan kepenatan dan menghadirkan kebahagiaan. Sebagian orang memiliki cara sendiri untuk merasakan bahagia, salah satunya dengan makanan.

Banyak yang tak menyangka ternyata makanan juga bisa mengubah suasana hati menjadi lebih bahagia dan cerita. Jenis makanan tersebut adalah yang mengandung zat triptofan, salah satu jenis dari asam amino yang dapat membantu menghasilkan zat serotonin dalam tubuh.

Melansir dari Boldsky, Selasa (2/10/2018), 5 makanan ini dapat membuat Anda merasa lebih bahagia.

 

1. Cokelat hitam

Source: pixabay.com

Cokelat hitam mengandung banyak antioksidan. Hal ini dapat meningkatkan suasana hati secara alami karena adanya N-acylethanolamine yang menstimulasi otak untuk melepaskan endorfin. Itulah alasan mengapa Anda mengalami perasaan bahagia setelah mengonsumsi sebatang cokelat hitam. Cokelat hitam juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi kognitif.

Bahagia (Shutterstock)

 

2. Alpukat

Source: pixabay.com

Alpukat mengandung asam lemak omega-3 yang berkaitan dengan kesehatan otak dan mengatur suasana hati. Buah ini juga mengandung B3 yang meningkatkan serotonin. Bukan hanya dapat meningkatkan suasana bahagia, alpukat juga baik bagi kesehatan Anda.

Baca juga: Berkunjung ke Jawa Timur, Intip Lahapnya Tamara Bleszynski Makan di Pinggir Jalan

 

3. Tomat ceri

Source: pixabay.com

Tomat adalah sumber lycopene yang sangat baik, mengandung antioksidan yang tinggi untuk mengurangi depresi. Para peneliti telah menemukan bahwa salah satu manfaat dari likopen yang terkandung dalam tomat adalah untuk mencegah terjadinya penumpukan senyawa pro-inflamasi yang berkaitan dengan depresi.

 

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Source: pixabay.com

Mengandung vitamin B, asam lemak omega 3, magnesium dan seng membuat kacang-kacangan menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan rasa kebahagiaan. Kacang-kacangan seperti walnut, almond, dan biji labu dapat merangsang produksi endorphin untuk meningkatkan rasa bahagia dan menghilangkan stres.

 

5. Susu

Source: pixabay.com

Susu mengandung senyawa yang disebut tryptophan, senyawa ini akan berubah menjadi serotonin. Senyawa serotonin merupakan hormon bahagia yang membantu untuk mengatur suasana hati Anda. Protein yang terkandung dalam susu dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh.

Source: Okezone.com

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store