Bagi setiap orang, Ibu merupakan sosok yang berharga. Oleh karena itu, di Indonesia terdapat hari ibu atau mother’s day yang jatuh pada tanggal 22 Desember. Lalu, bagaimanakah sejarah tersebut bisa terbentuk? Apakah karena kegigihan, kasih sayang, kesabaran, dan juga ketulusan seorang Ibu di dalam mendidik anak adalah suatu pengorbanan yang tidak ternilai? Jawabannya ada di artikel ini. Bahkan mother’s day hampir semua negara merayakannya. Tentunya dengan sejarah yang berbeda.

Sejarah Hari Ibu

sejarah hari ibu

Di Indonesia sendiri pengorbanan dan penghargaan terhadap jasa seorang ibu tidak hanya dinilai dari sebatas menyayangi, mengasihi, mendidik, dan juga melahirkan seorang anak. Namun para ibu di sini juga menjadi saksi dari sejarah bangsa Indonesia di dalam memperjuangkan dan juga mempertahankan martabat bangsa.

Sejarah lahirnya hari ibu di Indonesia adalah berawal dari adanya Kongres Perempuan Indonesia yang terjadi pada tanggal 22 hingga 25 Desember 1928 setelah beberapa minggu sesudah adanya Kongres Pemuda II digelar.

Kongres Perempuan Indonesia tersebut diadakan di Ndalem Joyodipuran yang ada di Yogyakarta. Ketika kegiatan tersebut berlangsung dihadiri oleh perempuan sebanyak 600 yang berasal dari puluhan perhimpunan wanita yang ada di Indonesia, tepatnya adalah 30 organisasi perhimpunan dari 12 kota yang ada di Sumatera dan juga Jawa. Bahkan ratusan perempuan yang ikut tersebut mempunyai suku, usia, budaya, pekerjaan, agama, dan latar belakang yang berbeda dan tentunya beragam.

Beberapa contoh dari perhimpunan wanita yang mengikuti kongres tersebut adalah Poetri Indonesia, Aisyiyah, Wanita Katolik, Wanita Moeljo, Jong Java, Wanita Oetomo, dan lain sebagainya. Bahkan tidak hanya para wanita saja yang menghadiri, tetapi para pemuda yang berasal dari beberapa organisasi juga hadir di dalam pertemuan yang bersejarah untuk lahirnya hari ibu.

Hasil dari kongres tersebut salah satunya adalah untuk bisa mendirikan suatu badan permufakatan yang bernama PPPI atau Perikatan perkumpulan Perempuan Indonesia yang mempunyai tujuan untuk menjadi tali persatuan dari segala perhimpunan wanita Indonesia serta diharapkan agar bisa menaikkan derajat dan memperbaiki nasib perempuan-perempuan yang ada di Indonesia.kongres hari ibu

Bahkan kongres ini sendiri juga bertujuan agar bisa mempersatukan cita-cita serta untuk bisa memajukan perempuan Indonesia dengan cara menggabungkan organisasi-organisasi perempuan Indonesia di dalam satu badan federasi yang tentunya sistemnya demokratis tanpa ada unsur memandang latar belakang politik, kedudukan sosial, agama, dan lain sebagainya.

Kemudian sejarah masih berlanjut dengan diadakannya Kongres Perempuan Indonesia kedua yang bertempat di Jakarta pada tanggal 20 hingga 24 Juli 1935. Di dalam kongres tersebut dibentuk suatu Badan Pemberantasan Buta Huruf atau yang disingkat dengan BPBH untuk bisa menentang perlakuan semena-mena terhadap buruh perempuan di perusahaan batik yang ada di Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Selanjutnya pada tanggal 23 hingga 27 Juli 1938 diadakan Kongres Perempuan Indonesia yang ketiga dan berada di Bandung. Di dalam kongres yang ketiga inilah ditetapkan adanya hari ibu pada tanggal 22 Desember dan menjadi sejarah mother’s day di Indonesia. Kemudian Presiden Soekarno meresmikan dan menetapkan mother’s day di Indonesia pada tanggal 22 Desember melalui adanya Dekrit Presiden Nomor 316 tahun 1959.

Ketika tanggal 22 Desember 1965 di dalam peringatan mother’s day, Presiden Soekarno menegaskan bahwa wanita adalah sebuah tiang negara. Oleh sebab itu, wanita diharapkan bisa terus bersatu supaya negara Indonesia selalu kuat kedepannya.

Supaya bisa mengenang adanya Kongres Perempuan Indonesia yang pertama, maka ketika diadakan kongres kedua yang bertempat di Bandung, maka disusul dibuatkan sebuah monument. Setahun setelah itu diletakkan pula oleh Ibu Sukanto selaku ketua kongres yang pertama sebuah batu untuk membangun Balai Srikandi dan akhirnya diresmikan pada tahun 1956 oleh menteri Maria Ulfah selaku Menteri perempuan di Indonesia yang pertama.

 

Arti dan Makna Hari Ibuarti dan makna hari ibu

Semakin hari semakin terjadi pergeseran persepsi terkait dengan makna hari ibu yang ada di Indonesia oleh mayoritas orang. Saat ini tidak semua orang paham bahwa peringatan mother’s day di Indonesia berbeda dengan yang ada di beberapa negara lain. Bahkan sejarah telah mencatat bahwa adanya mother’s day di Indonesia adalah tonggak awal perjuangan para wanita untuk bisa terlibat di dalam upaya memerdekaan bangsa serta pergerakan para wanita di Indonesia dari waktu ke waktu untuk bisa menyuarakan hak-haknya supaya bisa mencapai kesetaraan dan juga memperoleh perlindungan.

Adanya peringatan hari ibu ini adalah bukan sebagai pendukung, tetapi kaum wanita juga harus bisa terlibat aktif di belakang, tengah,ataupun di depan untuk bisa terus berjuang hingga hari ini. Bahkan banyak sekali tenaga, darah, pikiran, dan juga nyawa yang telah disumbangkan para wanita pendahulu untuk mencapai tujuan awal adanya mother’s day. Tidak ada lelah, wanita-wanita tangguh ini terus berkorban tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk kepentingan lingkungan, masyarakat, negara, bangsa, dan juga keluarga. Tetapi, saat ini Indonesia sudah merdeka, maka tugas kamu adalah teruslah mengingat perjuangan seorang ibu yang telah membesarkan kamu hingga saat ini. Bahkan juga berjuang untuk keluarga.

 

Ucapan Hari Ibuucapan hari ibu

Banyak diantara kita yang merayakan hari ibu dengan memberikan beberapa ucapan ataupun ditambah dengan hadiah. Berikut ini beberapa contoh ucapan yang dapat kamu terapkan ketika ingin menyampaikannya kepada ibu tersayang:

1. Ibu, dari kecil engkau selalu mendengarkan cerita yang keluar dari mulut kecilku dan bahkan mengerti permasalah yang tidak pernah aku ucapkan. Terima kasih untuk kasih sayangmu selama ini ibu, aku mencintaimu selalu.

2. Ibu, bagiku setiap hari adalah hari ibu karena engkau adalah wanita kuat yang bisa membesarkan anak-anakmu dengan begitu penuh kasih sayang. Bahkan engkau mengajari kami dengan penuh semangat hingga saat ini. Di tanggal ini, anakmu yang mencintaimu ini ingin mengucapkan terima kasih atas semua pengorbanan yang telah engkau lalui. Selamat hari ibu dan sehat selalu.

3. Tiada hari yang tak indah ketika aku selalu bisa melihatmu ibu, melihat setiap pertambahan umurmu yang semakin lama semakin renta. Semoga di hari ibu ini engkau selalu diberikan kesehatan dan juga umur yang panjang. Terima kasih untuk semua kasih sayang yang telah engkau curahkan kepadaku.

 

Peringatan Hari Ibuperingatan hari ibu

Bagi sebagian orang hari ibu adalah momen di mana mereka bisa menuangkan perasaan mereka kepada ibu ketika tidak bisa mengekspresikannya di hari-hari yang lalu. Tidak jarang bahwa ada anak yang ingin membuat perayaan ketika hari itu tiba. Misalnya saja dengan memberikan hadiah yang sesuai dengan kesukaan ibu mereka masing-masing. Atau memberikan sebuah kue, hidangan, mengajak jalan-jalan, dan lain sebagainya. Bahkan ada juga yang hanya memberikan sebuah ucapan saja.

Di beberapa instansi dan perkantoran, hari ibu diperingati dengan upacara dan mengenakan kebaya bagi yang wanita seperti halnya peringatan hari Kartini. Banyak juga yang mengadakan seminar, talk show, hingga bakti sosial dalam memperingati hari ibu.

 

Hadiah Hari Ibuhadiah hari ibu

Terdapat beberapa rekomendasi hadiah yang bisa kamu berikan kepada ibu tercinta ketika mother’s day telah tiba. Hadiah tersebut adalah :

1. Perawatan di Salon

Jika ibu kamu sudah lama tidak perawatan di salaon, mungkin hari ibu adalah waktu yang tepat untuk kamu sekedar menyenangkan ibu untuk perawatan di salon agar ibu juga terlihat makin cantik.

Kamu bisa kunjungi Salon Chandra Gupta, May May Salon, Gorjes, Irwan Team, Moz5 Salon Muslimah, atau salon lainnya.

Lihat Salon Lainnya

2. Makan di Restoran

Makan di restoran bersama ibu dan seluruh keluarga juga bisa merupakan hadiah yang sangat menarik untuk ibu. Kamu bisa ajak ibu makan makanan kesukaannya di restoran. Rekomendasi restoran yang kamu bisa pilih adalah McDonald’s, Zenbu, Ippudo, Raa Cha, Steak 21, D’Cost, Gokana Ramen & Teppan, atau restoran lainnya.

3. Belanja Perabotan

Di hari ibu kamu juga bisa ajak ibu untuk berbelanja alat-alat kebutuhan dapur atau kebutuhan rumah lainnya. Kamu bisa kunjungi ACE Hardware, Informa, atau Selma karena disana menyediakan aneka perabotan dan perlengkapan rumah dengan lengkap. Kamu bisa pakai promo dari Cashbac agar lebih hemat.

4. Belanja Pakaian

Siapa sih wanita yang tidak suka fashion? Semua pasti suka termasuk ibu. Ajaklah ibu berbelanja pakaian di hari yang spesial. Kamu bisa berbelanja pakaian di Metro Department Store, disana cukup lengkap dan beragam model pakaiannya, dan yang terpenting di Metro Department Store model pakaiannya sangat fashionable.

Lihat yuk cabang Metro Department Store terdekat dari Kamu

Cabang Metro Department Store
 

4. Belanja Kebutuhan Sehari-Hari

Belanja kebutuhan sehari-hari mungkin sudah menjadi rutinitas ibu, tetapi di hari ibu ini mungkin kamu bisa traktir ibu untuk belanja kebutuhan sepuasnya, kamu bisa berbelanja kebutuhan sehar-hari di Alfamart atau FamilyMart. Ga usah takut boros, kamu bisa pakai aplikasi Cashbac karena ada banyak rewards yang bisa kamu dapatkan.

Hemat 10% Alfamart

Hemat 15% FamilyMart

Tetap gunakan Cashbac untuk semua kebutuhan kamu mulai dari makan di restoran, ngopi di coffee shop, belanja kebutuhan rumah tangga hingga perawatan kecantikan kamu bisa selalu berhemat.

Apapun hadiah dari kamu bahkan jika hanya dalam bentuk ucapan, itu sudah cukup membuat ibu senang dan bahagia. Yang terpenting, berbaktilah kepada beliau selagi kita masih diberi kesempatan.

Itulah beberapa informasi seputar hari ibu yang bisa kamu simak dengan baik supaya mengetahui sejarah hingga hadiah yang dapat kamu berikan ketika hari itu tiba. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Selamat Hari Ibu!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store