Seperti diketahui bersama, dunia saat ini tengah disibukkan dengan munculnya sebuah virus baru yang bernama Corona Virus atau yang dikenal dengan Covid 19. Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2, atau yang kerap disebut dengan virus corona ini, menyerang sistem pernafasan, yang dapat menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernafasan. Jika tidak ditangani dengan baik, dapat menginfeksi paru-paru secara fatal, bahkan dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini mampu menyebar sangat cepat, terutama jika bersentuhan dengan orang yang positif corona. Tentunya berbagai macam cara, dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyakit tersebut menyebar luas secara cepat, salah satunya adalah dengan melakukan social distancing.

Baca Juga: Yuk Ketahui Semua Hal Tentang Virus Corona!

 

Social Distancing Adalahsocial distancing adalah

Sebenarnya apa itu social distancing, dan mengapa semua orang harus melakukan hal tersebut. Social distancing sendiri jika diartikan adalah “menjaga jarak antara 1 orang dengan orang lainnya, dalam hal bersosialisasi. Ini adalah salah satu langkah yang dilakukan oleh pemerintah, dari berbagai belahan bumi manapun berdasarkan saran dari WHO. Dalam hal ini kamu atau orang lainnya yang masih sehat, diminta untuk membatasi kunjungan ke berbagai tempat ramai atau bahkan melakukan kontak langsung, dengan orang lainnya.

 

Perbedaan Social Distancing dengan Physical Distancingperbedaan social distancing dengan physical distancing

Jika social distancing, dianggap mampu mengurangi proses penyebaran virus corona, lalu bagaimana dengan “physical distancing” ini adalah frasa baru yang muncul belakangan ini. Sebenarnya penggunaan  kata social distancing dan juga physical distancing ini sendiri tidak jauh berbeda. Dimana artinya sama-sama menjaga jarak, antara 1 orang dengan orang lainnya. Ketentuan ini sendiri, tidak hanya berlaku di tempat umum, tapi juga di dalam rumah. Mengingat diantara keluarga, belum tentu semuanya mempunyai reaksi negatif terhadap virus tersebut. Adapun penerapan social dan physical distancing ini sendiri tidak hanya berlaku di Indonesia, namun hampir semua negara memberlakukan sistem tersebut. Berdasarkan sifat penyebaran virus Covid 19.

Tapi jika ditelaah lebih dalam, istilah social distancing dengan physical distancing sendiri jelas berbeda. Jika social distancing adalah membatasi aksi sosialisasi antara 1 manusia dengan manusia yang lain, dengan tidak banyak berkerumun di tempat terbuka atau bahkan tertutup. Maka physical distancing adalah membatasi jarak 1 orang dengan orang lain, jika berada dalam lingkungan yang sama. Kali ini kamu dapat membatasi diri dengan orang lainnya, sekitar 1 meter atau 3 kaki. Apalagi, jika orang tersebut, mempunyai beberapa gejala covid 19, seperti batuk, bersin, dan yang lainnya.

 

Bentuk Social Distancingbentuk social distancing

Adapun bentuk sosial yang dilakukan saat ini, sebagai pencegahan terhadap virus covid 19 ini cukup beragam, mulai dari :

1. Tidak melakukan jabat tangan antara 1 orang dengan yang lainnya.

2. Menjaga jarak dengan minimal 1 meter, ketika melakukan interaksi dengan orang lain. Terutama jika seseorang tersebut, mempunyai resiko tinggi menderita covid 19.

3. Dengan kecanggihan zaman seperti sekarang ini, aktivitas sosial, dan juga pekerjaan, masih tetap dapat dilakukan. Bukan dilakukan di kantor seperti umumnya, namun kali ini dilakukan secara online. mulai dari sekolah, rapat, acara seminar, dan aktivitas lainnya. Kali ini kamu dapat menggunakan salah satu aplikasi komunikasi dengan menggunakan video, baik dengan menggunakan telepon selular, laptop atau bahkan pc. Dengan demikian, kamu tetap dapat berinteraksi secara sosial, dan mengerjakan berbagai pekerjaan yang ada, secara lebih aman, nyaman, dari rumah.

4. Menghindari berbagai macam acara yang membuat aktifitas berkerumun, seperti acara pernikahan, demonstrasi, dan yang lainnya.

5. Batasi aktivitas sosial ke luar rumah, jika dinilai tidak terlalu penting, sebaiknya di rumah saja. sedangkan untuk membeli berbagai keperluan sehari-hari atau yang lainya, sebaiknya dilakukan sekaligus, atau bahkan membelinya secara online.

6. Hindari membesuk orang sakit, mengingat siapapun tidak akan pernah tahu, apakah pihak pasien, orang sekitar atau bahkan kamu sendiri tengah positif covid 19. Kamu dapat mengatasinya dengan melakukan video call.

7. Jika kamu mempunyai gejala yang mirip dengan covid 19, tidak ada salahnya jika berkonsultasi dengan dokter yang tepat, baik dengan melakukan panggilan telepon atau video call. Berikutnya melakukan isolasi mandiri.

 

Persiapan Social Distancingpersiapan social distancing

Mengingat kegiatan social distancing ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Tidak ada salahnya jika kamu melakukan beberapa persiapan sebelumnya, seperti :

1. Mulai merencanakan kegiatan

Beraktifitas di tengah orang ramai, dinilai hal yang lumrah. Namun tidak di tengah pandemi seperti sekarang ini. Kali ini kamu perlu memperhatikan dan memilih waktu yang baik, jika harus keluar rumah. Mulai dari melengkapi diri dengan protokol kesehatan ketika keluar rumah, memilih jam keluar rumah yang tepat bukan pada jam-jam sibuk, dan pastikan rencana keluar tersebut benar-benar penting.

2. Mempersiapkan obat-obatan yang dibutuhkan

Jika kamu yang mempunyai penyakit tertentu, dan sering kambuh, seperti penyakit maag, asma dan yang lainnya. Maka stok obat-obatan yang dibutuhkan, sehingga kamu tidak terlalu sering pergi ke luar rumah.

3. Memenuhi kebutuhan harian

Kali ini siapkan, aneka stok kebutuhan sehari-hari, mulai dari makanan, aneka macam sabun, terutama sabun tangan, termasuk desinfektan, secara lengkap, dengan 1 kali belanja. Tidak perlu berlebihan, melainkan secukupnya, misalnya 1 minggu sekali, atau bahkan 1 bulan sekali.

4. Perhatikan kesehatan

Selain stok obatan, kamu juga perlu memperhatikan kesehatan, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, dan olahraga secara rutin.

5. Mempersiapkan akses internet

Ini adalah modal kamu untuk tetap dapat bersosialisasi dengan baik, bekerja dengan baik, atau bahkan bersekolah. Kamu dapat pilih provider dengan jaringan internet lancar, dengan harga yang kompetitif, atau bahkan memasang jaringan wi-fi.

6. Mempersiapkan aktivitas tambahan yang menyenangkan

Siapkan juga aktivitas tambahan yang menyenangkan, misalnya dengan menekuni hobi yang sempat tertunda, karena alasan sekolah atau bekerja. Atau bahkan membuat kreasi kreatif lainnya.

 

Pentingnya Social Distancingpentingnya social distancing

Penerapan sosial distancing ini sendiri dilakukan, lantaran diduga penyebaran virus corona dari orang 1 ke orang lainnya, dilakukan secara cepat. Ketika seseorang melakukan batuk atau bersin, maka orang tersebut  akan menyemprotkan tetesan cairan, yang umumnya berasal dari mulut atau hidung, yang mungkin saja itu adalah virus. Umumnya jarak semprotan tetesan cairan tersebut, kurang dari 1 meter. Secara tidak langsung, penyebaran virus dan penyakit lainnya juga dapat berlangsung dengan jarak 1 meter atau bahkan kurang. Alasan inilah yang mendasari seseorang untuk melakukan social distancing, dan juga physical distancing sesuai dengan protokol yang ada, yaitu 1 hingga 1,5 meter. Kamu tidak akan pernah tahu apakah seseorang reaktif terhadap pandemi tersebut atau tidak. Namun langkah ini penting sebagai langkah untuk membatasi ruang gerak dari virus itu sendiri.

Baca Juga: Pola Hidup Sehat Ternyata Mudah Dilakukan Siapa Saja!

 

Lakukan Social Distancing tetapi Kebutuhan Tetap Terpenuhi

Tetap jalani social distancing dengan tetap di rumah, tetapi kebutuhan kamu tetap bisa terpenuhi dengan Cashbac.

Cashbac bekerjasama dengan banyak bank memberikan kamu rewards hingga 60%! Hubungan kartu debit atau kartu debit kamu di aplikasi Cashbac untuk menikmati rewardsnya.

Cashbac dapat digunakan untuk membeli peralatan olahraga ringan di ACE Hardware, kamu juga bisa membeli kebutuhan lainnya di Alfamart, FamilyMart, Gramedia, Informa, hingga Drive Thru di McDonald’s.

Dari ulasan di atas, jelas sudah bahwa melakukan dan menerapkan social distancing, itu sangat penting untuk dilakukan, tidak hanya di tempat ramai, kamu juga sebaiknya melakukannya di rumah. Kesadaran kamu untuk melakukan social distancing dan ditambah dengan melakukan protokol kesehatan secara benar, tentunya mampu memperkecil kamu terkena penyakit covid 19 tersebut.

Lihat juga tips dari Cashbac bagaimana Tetap Aman agar kita semua tetap sehat melalui tautan ini.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store