Asparagus atau yang biasa di sebut dengan rebung elit ini sudah masuk ke Indonesia beberapa puluh tahun yang lalu. Meskipun begitu, tidak semua orang sudah terbiasa untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini. Asparagus juga hanya dapat di konsumsi oleh kaum elit karena harga nya lebih mahal daripada harga sayur lainnya. Sayur ini biasanya di sajikan di restoran mewah atau jamuan besar saja.

Apa itu Asparagus?

apa itu asparagus

Tanaman asparagus adalah tanaman rebung atau bahasa latinnya asparagus officinalis. Pada umumnya hanya tumbuh di dataran tinggi saja, seiring berkembangnya teknologi tanaman, kini ada jenis tanaman asparagus dataran rendah. Tanaman asparagus dataran tinggi dan rendah memiliki tampilan yang sama.

Asparagus mengeluarkan bau seperti pesing yang makin tercium setelah mengkomsumsi sayur yang satu ini. Aroma bau pesing tersebut di timbulkan oleh senyawa mercaptan, yakni dimethyl sulfide, dimethyl disulfide, dimethyl silfoxide, bis-(methylthio)methane, s-methyl trioacrylate, s-metyl-3(methylthio) thriopopinate dan dimetylsulphone.

Senyawa-senyawa tersebut sama sekali tidak berbahaya, jadi kita tidak perlu takut untuk mengkonsumsi asparagus, hanya saja bau yang ditimbulkan sedikit mengganggu penciuman saja. Walaupun mempunyai aroma yang kurang sedap tapi ternyata asparagus memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho.

 

Manfaat Asparagus

Buat kalian yang sangat menyukai asparagus, berikut kami bagikan manfaat dari mengkonsumsi asparagus menurut buku Cerdas Memilih Sayuran yang di tulis oleh Lanny Lingga :

1. Menjaga Kadar Gula Tetap Stabil

manfaat asparagus - menjaga kadar gula

Asparagus mengandung kalori dan karbohidrat yang cenderung rendah. Karena itu, cocok di konsumsi oleh orang yang sedang menjalankan diet.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Asparagus mengandung ilunin, yakni karbohidrat yang tidak dapat di cerna oleh tubuh. Serat ini dapat mencapai usus besar tanpa melalui reaksi enzimatis sehingga dapat berfungsi sebagai probiotik. Adanya ilunin didalam usus akan meningkatkan kehidupan mikroflora yang berguna untuk proses pencernaan.

3. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

manfaat asparagus - tekanan darah stabil

Dengan kadar garam yang rendah, asparagus baik untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Selain itu, asparagus merupakan sumber kalium yang baik.

4. Mencegah Anemia

Asparagus banyak mengandung zat besi. Kekurangan zat besi akan menyebabkan tubuh lesu, kepala pusing dan pandangan berkurang sebagai salah satu gejala anemia.

5. Baik Untuk Ibu Hamil

manfaat asparagus - baik untuk ibu hamil

Asparagus juga kaya akan kandungan folat, folat adalah kumpulan vitamin B yang di butuhkan oleh tubuh dalam masa pertumbuhan. Asupan folat di butuhkan lebih banyak oleh ibu hamil agar bayi mereka lahir normal.

6. Mencegah Serangan Jantung Mendadak

Penderita jantung harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung folat. Asam folat mereduksi homosistein pada siklus metionin. Dengan penurunan kadar homosistein, penyakit jantung tidak akan muncul karena penyebabnya telah di reduksi.

7. Sumber Vitamin A

manfaat asparagus - sumber vitamin a

Kandungan vitamin A pada asparagus cukup banyak (756IU / 100g). Jumlah tersebut telah mencukupi 20% kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan setiap harinya.

8. Sumber Vitamin C yang baik

Dalam setiap saji asparagus (180g) mengandung vitamin C sebanyak 19,44mg. Dengan jumlah ini kita telah mencukupi 32.4% dari kebutuhan vitamin C harian kita.

9. Sebagai Peluruh Kencing (Diuretik)

Rebung asparagus memiliki efek farmakolis sebagai peluruh kencing (diuretik).

10. Mengatasi Gangguan Kulit dan Alergi

manfaat asparagus - mengatasi gangguan kulit

Asparagus adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi gatal-gatal di tubuh bayi.

 

Rasa Asparagus

rasa asparagus

Asparagus menjadi makanan favorit banyak orang karena manfaat yang di kandung serta rasa nya yang enak apalagi bila di buat sup. Asparagus yang di buat sup akan memberikan rasa yang lezat, gurih dan juga tekstur kentalnya yang membuat orang-orang menyukai sup yang satu ini. Jika di buat sup, asparagus menjadi menu yang mudah untuk di cicipi banyak orang.

Meskipun asparagus sendiri memiliki bau yang menyengat, bila di masak dengan benar, bau asparagus tidak akan terlalu menyengat sehingga sup asparagus tetap menjadi pilihan bagi para pecinta sup. Cara memilih asparagus juga mempengaruhi rasa asparagus lho.

 

Tanaman Asparagus yang Baik

tanaman asparagus

Tanaman asparagus yang baik adalah rebung yang bagian pangkalnya berwarna putih, sedangkan yang kurang baik warnanya kehijauan. Rebung yang berwarna putih bertekstur lunak dan manis. Sebaliknya rebung kehijauan teksturnya liat dan rasanya cenderung pahit. Rebung asparagus dapat menjadi kehijauan karena saat penanaman kurang tertimbun tanah, sehingga banyak terkena sinar matahari.

Setelah mengetahui cara memilih asparagus yang baik, kita belajar sedikit mengenai cara memasaknya agar bau asparagus tidak terlalu menyengat yuk!

 

Cara Membuat Sup Asparagus

cara membuat sup asparagus

Ada cara yang dapat kamu lakukan agar aroma kurang sedap yang di keluarkan asparagus agar berkurang.

Agar semua bagian rebung dapat dimakan, bagian pangkal harus di lunakkan terlebih dahulu. Caranya kupas bagian pangkal luar asparagus yang akan di potong-potong. Agar mudah di kupas, rendam pangkal rebung dengan air mendidih selama 10-15 menit. Semakin tua, akan semakin sulit terkelupas. Oleh karena itu butuh waktu yang lebih lama agar menjadi lunak.

Untuk mendapatkan warna yang lebih baik, jangan memasak asparagus menggunakan panci berbahan dasar besi. Agar kesegarannya terjaga, campur air untuk merebus asparagus dengan air perasan jeruk nipis.

 

Sup Asparagus Terenak di Jakarta

Jika kalian pecinta sup dan ingin menikmati sup asparagus tetapi tidak punya banyak waktu untuk membuatnya sendiri, berikut kami juga menyajikan 3 tempat yang menyediakan sup asparagus terenak di Jakarta dan tentunya selalu memberikan cashback saat pembayaran di lakukan menggunakan aplikasi Cashbac tentunya, jadi jangan takut dompet kamu akan terkuras karena kami selalu memberikan cashback langsung ke saldo Cashbac kamu.

Jun Njan

sup asparagus jun njan

Jun Njan menyediakan sup asparagus yang sangat sehat dan lezat. Tidak hanya itu, Jun Njan juga menyediakan seafood, daging, sayur dan masih banyak lagi masakan yang enak yang di sediakan oleh Jun Njan.

 Lokasi Jun Njan :

– Jl. Grand Boulevard, BSD Green Office Park, Tangerang

– Living World, Alam Sutera, Tangerang Selatan

– Central Park Mall, Jakarta Barat

– Jl. Pluit Selatan Raya, Jakarta Utara

 

The Duck King

sup asparagus the duck king

Siapa yang tidak mengenal restoran yang satu ini. Restoran yang menyediakan tempat yang didesain dengan mewah tanpa mengesampingkan kenyamanan. Tidak hanya mewah saja, tempat ini juga mnyediakan banyak sekali jenis makanan yang lezat yagn akan membuat kamu ketagihan dan akan kembali lagi. The Duck King saat ini terletak di beberapa tempat yang tentunya mudah di jangkau oleh masyarakat

Lokasi The Duck King :

– Central Park, Jakarta Barat

– Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan

– Senayan City, Jakarta Pusat

– Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan

– Lippo Mall Puri, Jakarta Barat

– AEON Mall Jakarta Garden City, Jakarta Timur

– Bintaro Jaya Xchange Mall, Tangerang Selatan

– Summarecon Mal Serpong, Tangerang

 

Tea Garden

sup asparagus tea garden

Tea Garden menyediakan berbagai macam masakan sup special seperti sup asparagus, nasi goreng, aneka daging, sayur, dan masih banyak lagi masakan special lainnya yang menjadi favorit para pecinta makanan. Sup asparagus yang di tawarkan di sini juga terbilang sangat lezat lho.

Tea Garden terletak di :

– Mall Of Indonesia, Jakarta Utara

– Ruko Moscow Square blok A no.1-3, Jl. Boulevar Gading Serpong, Tangerang

 

Itulah 3 daftar restoran yang menyediakan sup asparagus terenak di Jakarta yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan tentunya rasa yang di berikan sudah pasti lezat. Jadi, tunggu apalagi ? ayo kita makan sup asparagus di tempat yang sudah terjamin kwalitas dan harganya.

Jangan lupa pakai Cashbac ya, supaya dapat instant cashback yang bisa kamu langsung gunakan lagi untuk mencoba makanan lainnya.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store