Gong Xi Fa Cai! Selamat Tahun Baru Imlek 2021 bagi kalian yang merayakannya!

Seperti yang kita ketahui, pergantian tahun merupakan liburan yang paling banyak dirayakan di seluruh dunia. Pasti kalian sering mendengar istilah ‘tahun baru imlek merupakan musim mudik terbesar di dunia’? Ya! Karena, masyarakat Tiongkok biasanya melakukan ritual mudik atau pulang ke kota asal agar bisa merayakan acara special imlek bersama keluarga.

Dalam kalender China, tahun ini merupakan tahun Kerbau Logam. Bicara soal imlek, hal apa yang kamu sukai dari perayaan imlek? Apakah tradisinya? Kemeriahannya? Atau waktu berkumpul bersama keluarga? Apapun alasannya, pasti imlek memiliki arti penting untuk kalian yang merayakannya. Jika kebanyakan orang semangat merayakan tahun baru pada tanggal 1 Januari, namun masyarakat Tionghoa di mana pun mereka berada pasti sangat bersemangat merayakan Tahun Baru Imlek, khususnya pergantian tahun ini yaitu Imlek 2021.

 

8 Hal Identik dengan Tahun Baru Imleksuasana imlek

Sebelum membahas tempat-tempat terbaik untuk merayakan Imlek 2021, mari kita bahas mengenai  tradisi Imlek yang paling dirindukan masyarakat Tionghoa dalam merayakan Tahun Baru Imlek.

Sama halnya dengan perayaan hari besar lainnya, Tahun Baru Imlek juga memiliki tradisi dalam perayaannya. Jika Hari Raya Idul Fitri identik dengan ketupat, berbeda dengan acara Tahun Baru Imlek yang biasa dirayakan oleh masyarakat Tiongkok ini.

Apa saja sih tradisi yang biasa kita temukan saat imlek, terutama saat imlek 2021 ini? Berikut hal identik masyarakat Tionghoa dalam merayakan Tahun Baru Imlek :

Kumpul Keluargakumpul keluarga imlek

Setiap hari besar pasti dimanfaatkan untuk kumpul keluarga. Sama halnya dengan acara besar lainnya, tahun baru Imlek juga memanfaatkan waktu atau momen untuk berkumpul dengan keluarga. Tidak hanya sekedar kumpul, tapi perayaan Imlek ini juga diikuti dengan pembagian angpao bagi sanak keluarga yang belum menikah. Kemudian, ada juga yang melanjutkan dengan mengunjungi klenteng bersama-sama.

 

Angpaoangpao di imlek 2020

Angpao memang sangat khas dengan Imlek. Angpao yang artinya amplop merah ini menjadi salah satu tradisi yang ditunggu-tunggu oleh orang-orang yang belum menikah. Pada tradisi pembagian angpao, biasanya angpao diberikan kepada orang-orang yang belum menikah dari orang yang sudah menikah. Jadi, walaupun usiamu sudah melewati rata-rata usia menikah, kamu akan tetap mendapatkan angpao ketika statusmu masih single.

Jumlah uang yang dimasukkan dalam angpao tidak ditargetkan, namun biasanya pemberi akan menggunakan nominal 8 karena dianggap angka keberuntungan dan menghindari angka ganjil serta angka 4.

 

Warna Merahwarna merah

Bagi kamu masyarakat non Tionghoa, pasti kamu belum tau kenapa perayaan Imlek sangat identik dengan warna merah mulai dari angpao (yang artinya juga amplop merah), hiasan, pakaian, semuanya berwarna merah. .

Selain karena kebiasaan dan kebudayaan dari tahun baru Imlek, ternyata warna merah juga memiliki arti bagi perayaan Imlek ini lho. Yang mana, warna merah mengartikan keberuntungan dan juga menghindari diri dari hal-hal yang negatif.

 

Hujan

hujan

Setelah warna merah menerangi tahun baru Imlek, hal identik lainnya adalah turunnya hujan. Ketika Imlek datang, masyarakat Tionghoa mengharapkan turunnya hujan karena air hujan dianggap sebagai berkah dan pembawa rezeki sehingga akan ada kebahagiaan ketika hujan datang di hari Imlek. Semoga Imlek 2021 ini mendatangkan hujan ya, agar kita semua mendapat keberkahan!

 

Barongsaibarongsai imlek 2020

Kamu pasti suka melihat pertunjukan Barongsai? Selain pembagian angpao, pertunjukan Barongsai juga menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang lho, baik yang merayakan Imlek maupun yang tidak merayakannya. Imlek tidak akan lengkap jika tidak ada pertunjukan Barongsai bukan? Arti dari barongsai sendiri adalah kekuatan, keberanian, dan juga kebijaksanaan.

 

Cheongsamcheongsam imlek 2020

Selain angpao, Cheongsam juga sangat identik dengan hari raya Imlek. Cheongsam merupakan pakaian tradisional khas Cina yang digunakan saat tahun baru Imlek disetiap tahunnya. Tidak hanya zaman dahulu, masyarakat Tiongkok yang kini hidup di era modern pun masih suka mengenakan Cheongsam sebagai seragam perayaan Imlek.

 

Lampionlampion imlek 2020

Untuk kamu yang belum tahu, lampion merah ini memiliki arti yang luar biasa bagi perayaan Imlek ini lho! Dilansir dari Grid.Id, Lampion dibuat dari kertas yang mana tengahnya terdapat api yang berfungsi sebagai sumber cahaya. Kertas tersebut memiliki maksa tersendiri yaitu, berfungsi menjaga sumber api agar tidak mati jika tertiup angin atau api-api disekitarnya. Lampion juga menjadi pelengkap upacara keagamaan lho, terutama saat Imlek. Bagaimana? Apakah kamu bersedia menghias rumahmu dengan lampion? Semoga beruntung!

 

Jerukmakanan khas imlek

Jeruk juga menjadi salah satu tardisi pada tahun baru Imlek lho guys! Tau nggak sih kalau jeruk ini juga memiliki makna yang baik? Rasanya yang segar dan manis ini ternyata memiliki arti kemakmuran, rezeki yang berlimpah, dan menumbuhkan kesejahteraan. Jadi, tidak jarang bagi mereka yang merayakan imlek untuk menyediakan buah jeruk imlek ini. Uniknya, jeruk yang baik biasanya jeruk yang masih memiliki daun serta tangkai lho. Semoga di Imlek 2021 dengan tahun kerbau logam ini, kita semakin dilimpahkan rejeki serta keberuntungan selalu perpihak kepada kita ya!

 

Itu dia delapan hal identik yang biasa kita jumpai ketika tahun baru Imlek datang. Apa saja yang sudah kamu persiapkan untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2021 ini? Semoga kalian bisa merayakan Imlek 2021 ini dengan kehangatan dan keberuntungan ya!

 

Pentingnya Kumpul Keluarga saat Tahun Baru Imlekkumpul keluarga imlek

Momen berkumpul keluarga saat perayaan Imlek memang menjadi salah satu hal yang paling penting dan selalu ditunggu-tunggu bukan?

Kumpul keluarga memberikan banyak kesan bagi mereka yang merayakannya. Biasanya, pada Hari Raya Imlek, semua keluarga berkumpul di satu rumah yang dituakan. Momen kumpul keluarga tersebut dimeriahkan dengan bagi-bagi Angpao. Beruntunglah bagi kamu yang belum menikah, karena kamu masih kebagian angpao!

Kumpul keluarga di perayaan Imlek memang sangat menyenangkan. Biasanya, setelah bagi-bagi angpao acara selanjutnya adalah makan-makan dengan keluarga untuk menikmati makanan khas Imlek yang hanya kamu temui saat perayaan imlek saja. Kamu pasti suka dengan makanan-makanan yang wajib ada saat Imlek kan? Nah, untuk melepas rindu, bagaimana kalau kita bahas makanan-makanan yang wajib ada saat imlek? Siapa tau kamu bisa melengkapi persediaan makanan yang identik dengan perayaan imlek di rumahmu.

 

Makanan Khas Imlek yang Mendatangkan Keberuntungan

Setelah berkumpul-kumpul dengan keluarga dengan pembahasan hangat dan menghitung jumlah angpao yang kamu dapatkan, kini waktunya kamu makan dengan keluarga nih!

Salah satu tradisi yang menyenangkan saat Imlek adalah makan-makan bersama keluarga besar. Pemilik rumah biasanya menyediakan jamuan makanan untuk dinikmati bersama. Specialnya lagi, kamu akan menemukan makanan khas Imlek yang mendatangkan keberuntungan! Mau tau apa aja sih makanan khas Imlek yang wajib ada? Yuk, langsung aja kita bahas satu per satu makanan yang mendatangkan keberuntungan tersebut!

Mie Gorengmakanan khas imlek

Makanan khas saat Imlek yang pertama adalah mie goreng. Menu makanan ini menjadi menu makanan jawib disetiap perayaan Imlek. Masyarakat Tionghoa memiliki kepercayaan bahwa siapapun yang mekanan mie goreng saat tahun baru Imlek, diharapkan memiliki rezeki yang berlimpah, kebahagiaan yang abadi dan pastinya simbol dari panjang umur. Memakan mie goreng disaat tahun baru Imlek diientikan dengan umur yang panjang

 

Ikanikan bandeng imlek

Makanan khas Imlek lainnya adalah ikan, yang mana biasanya ikan yang digunakan adalah ikan bandeng. Uniknya, masyarakat Tionghoa menyantap daging ikan ini hanya dengan satu sisi saja, sedangkan sisi lainnya akan dimakan dihari esok.

Tau nggak, kalau ikan dipercayai sebagai makanan yang bisa bikin kamu lancar dengan bisnis-bisnis yang kamu jalani. Wah, emang membawa keberuntungan banget ya! Semoga di tahun baru Imlek 2021 ini kita semua bisa dilancarkan semuanya ya! Selain pelancar bisnis, ikan juga dipercayai sebagai pembawa kesehatan dan diharapkan dapat menyelesaikan semua masalah dengan cepat secepat ikan berenang di dalam air.

 

Ayam atau Bebekbebek imlek

Unggas-uggas ini melambangkan ketaat dan kesetiaan. Syarat dari penyajian bebek atau ayam adalah penyajiannya harus disajikan secara utuh. Harapannya, setiap keluarga yang memakannya akan mendapatkan kebahagiaanya yang utuh dan tahun baru yang lebih baik secara utuh. Makanyaa, ayam atau bebek selalu ada di setiap Imlek.

 

Telur

Wah, telur juga menjadi makanan wajib setiap Imlek nih! Namun, telur yang menjadi khas Imlek ini bukan telur rebus biasa melainkan telur yang direbus dengan teh. Kamu pasti penasaran banget kan sama rasanya?

Rasa dari telur yang direbus dengan air teh dan dicampur sedikit kecap asin ini memberikan rasa yang sangat unik. Enggak hanya enak, tapi telur rebus ini juga dipercayai akan mendatangkan kesuburan lho.

 

Kue Mangkok

kue mangkok

sumber: cookpad.com

Pasti kamu sudah nggak asing dengan kue tradisional satu ini. Berbentuk mangkok dan berwarna merah muda ini juga ternyata menjadi salah satu makanan khas Imlek. Emang apasih keberuntungan dari kue mangkok ini? Ternyata, kue mangkok adalah simbol rezeki yang diharapkan akan mekar sepanjang tahun. Setiap keluarga yang menyajikan kue mangkok, diharapkan dapat memperlancar rezeki tanpa tertupus sepanjang tahun.

 

Kue Keranjang

kue keranjang

sumber: malaysianchinesekitchen.com

Dimana ada kue mangkok, disitu ada kue keranjang. Tidak hanya kue mangkok, kue keranjang juga memiliki peran penting pada hari besar Imlek. Pasti kamu juga mau tahu kan apa arti dari kue keranjang ini?

Kue keranjang memberikan lambang kesejahteraan dan kerukunan,  diharapkan dapat memiliki tahun baru yang lebih sejahtera dari tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya saat Imlek, tetapi kue keranjang memang selalu dihadirkan pada momen-momen sakral seperti saat sembahyang.

Itulah makanan-makanan khas Imlek yang dipercayai membawa keberuntungan baik dalam kelancara rezeki, kesehatan, kesejahteran, kebahagiaan serta harapan-harapan baik di tahun baru Imlek ini. Semoga apa yang diharapkan bisa terwujud di Imlek 2021 ini ya!

Baca juga: Makanan Terbaik Saat Imlek, Mana Favorit Kamu?

 

Tempat Rayakan Tahun Baru Imlek 2021 Bersama Keluarga

Kumpul keluarga memang sangat menyenangkan bagi setiap orang, khususnya pada saat merayakan hari-hari besar seperti Imlek. Sambil menikmati hidangan Chinese Food di meja makan diikuti dengan canda tawa serta harapan-harapan baru di tahun depan.

Selain menikmati waktu kumpul keluarga di rumah, banyak juga lho keluarga-keluarga yang memilih untuk merayakan Imlek di restoran khususnya restoran Chinese Food. Pastinya kamu bisa menemukan banyak restoran Chinese Food di mal-mal favorit kamu. Kamu juga bisa menonton pertunjukan barongsai di mal untuk melengkapi Imlek 2021 ini.

Apa kamu punya rencana untuk merayakan Imlek 2021 dengan makan bersama keluarga di restoran? Cashbac punya nih rekoendasi restoran Chinese Food yang bisa kamu datangi bersama keluarga kam tercinta. Ini dia rekomendasinya:

Wee Nam Kee

restoran imlek

sumber: weenamkee_jkt

Jika kamu pergi ke Wee Nam Kee, kamu wajib menikmati menu bebeknya, rasanya lezat banget! Selain itu hainanese chicken rice atau nasi ayam Hainan juga wajib kamu cicipi. Ayamnya yang lembut dengan nasi kecoklatan membuat rasanya semakin gurih. Masih banyak menu lainnya yang bisa kamu coba.

 

Tiga Wonton

restoran imlek

sumber: instagram @tigawonton_id

Tiga Wonton menawarkan menu-menu Chinese oriental kekinian. Menu andalan dari Tiga Wonton adalah mie dan wonton atau pangsit dengan isi udah dan scallop. Restoran ini juga menggunakan mie yang dibuat sendiri, jadi dijamin tanpa bahan pengawet. Yuk, rayakan Imlek kamu di Tiga Wonton!

 

Jin Mu

sumber: instagram @jinmu_restaurant

Jin Mu adalah restoran khas makanan Chinese dengan beraneka ragam menu yang pastinya lezat seperti aneka mie, dumpling, ikan, daging, dan masih banyak lagi. Restoran Jin Mu tersebar di banyak tempat di Jabodetabek, jadi kamu akan dengan mudah menemukannya.
 

Rayakan Tahun Baru Imlek 2021 dengan Imlek Salebration

Bagi kamu yang berencana mengadakan acara Imlek di restoran, tenang aja! Cashbac punya Imlek Salebration yang bisa bikin Tahun Baru Imlek ini lebih menyenangkan. Nggak pakai ribet, dan nggak nguras kantong!

Kamu bisa mendapatkan rewards berupa bonus pounts hingga 80.000 PLUS extra bonus points 20.000! Jangan sampai ketinggalan! Ajak teman dan keluarga kamu untuk menikmati rewards hingga ratusan ribu dari Cashbac!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store