Saat puasa bukan berarti kamu harus merasa lemas dan lesu sepanjang haru. Jika kamu saja merasa lemas ketika berpuasa, bagaimana rasanya menjadi seorang atlet yang harus tetap menjalankan puasa tanpa mengurangi aktivitasnya? Mereka tentunya tetap rutin berlatih untuk mempersiapkan pertandingan selama bulan Ramadhan.

Bagi kamu yang tidak memiliki kegiatan berat seperti para atlet, harusnya menjalankan puasa menjadi lebih bersemangat. Kunci utama dalam menjalankan puasa adalah persiapan yang baik, mulai dari niat hingga asupan nutrisi. Selain itu kamu juga harus mengetahui beberapa tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk untuk menunjang kegiatan berpuasa tetap dilakukan secara maksimal tanpa menganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga : 7 Tips Puasa Sehat, Apa Saja Sih?

 

Apa Penyebab Lemas dan Ngantuk Saat Puasa?penyebab lemas dan ngantuk saat puasa

Saat berpuasa, siapa yang masih sering merasa lemas dan juga ngantuk? Ya, hal ini merupakan salah satu hal yang paling sering dialami oleh banyak orang saat melakukan puasa. Akibatnya, aktivitas pun menjadi tidak berjalan secara maksimal. Mengantuk bisa diakibatkan karena adanya perubahan rutinitas biasa ke rutinitas baru yang terjadi selama bulan Ramadhan. Contohnya adalah bangun dini hari untuk sahur sehingga membuat durasi tidur jadi berkurang. Bisa juga terjadi karena kamu tidak makan dan minum selama beberapa jam.

Perubahan siklus ini tentu saja akan berdampak besar terhadap stamina tubuh seseorang. Jika tidak diantisipasi dengan tepat, maka hal ini akan menghambat aktivitas sehari-hari. Namun, rasa lemas dan ngantuk tentunya bisa diatasi dengan cara mengonsumsi makanan bergizi dan memenuhi nutrisi harian saat sahur. Atau kamu juga bisa mencari tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk selama bulan Ramadhan ini. Dengan demikian tubuh pun akan terasa lebih segar dan rasa ngantuk pun hilang.

 

Tips Agar Puasa Tidak Lemas dan Ngantuk

Jika kamu sedang mencari tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk yang ampuh, pastinya artikel ini sangat membantu. Ini dia 6 tips ampuh hilangkan rasa lemas dan ngantuk saat berpuasa.

1. Tidur yang Cukup Setiap Malamtidur cukup setiap malam

Tips agar puasa tidak lemas dan ngantukpertama adalah tidur yang cukup setiap malam. Usahakan waktu tidurmu setiap malam cukup dan tidak boleh begadang di malam hari. Idealnya, waktu tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa sekitar 7-8 jam setiap malam. Hal ini tentu saja akan membuat tubuh menjadi lebih fit selama bulan Ramadhan.

Bila takada kebutuhan mendesak, pastikan kamu menghindari kebiasaan begadang dan mulai tidur lebih cepat dari biasanya. Selain itu, pastikan juga kamu memiliki kualitas tidur yang baik sehingga membuat tubuh tetap segar ketika bangun di pagi hari. Hal yang tak kalah penting adalah kamu menjadi tidak mudah merasa ngantuk saat berpuasa di siang hari.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan agar bisa memiliki waktu istirahat yang berkualitas:

– Mandi dengan menggunakan air hangat, membaca buku atau mendengarkan alunan music tenang sebelum tidur di waktu malam.

– Hindari mengonsumsi apapun selama 2 jam sebelum waktu tidurmu. Pasalnya Gas di dalam perut yang mencerna makanan akan membuatmu tetap terjaga dan tidak bisa tidur.

– Hindari nikotin dalam rokok, alkohol, dan kafein karena bisa membuatmu sulit tidur.

– Sebaiknya jadikan kamar tidurmu sebagai tempat untuk berisitirahat saja. Sebab keberadaan computer atau TV di dalam kamar akan berpotensi mengganggu ketenanganmu saat beristirahat.

 

2. Hindari Berdiam Diri untuk Waktu Lamahindari berdiam diri lama

Ketika kamu berada di kantor, usahakan untuk tak berdiam diri dalam jangka waktu lama. Sebab hal tersebut akan memicu munculnya rasa lemas dan ngantuk saat berpuasa. Cobalah untuk berbincang, melakukan diskusi, atau bercerita pada rekan kerjamu. Karena berdiam diri untuk jangka waktu lama dan tidak melakukan kegiatan apapun di kantor, tubuh akan menjadi lebih mudah merasa ngantuk.

 

3. Lakukan Peregangan Ringanlakukan peregangan ringan

Kebanyakan orang menjadi lebih mudah merasa ngantuk ketika hanya duduk diam untuk waktu yang lama. Jika tidur siang terasa tidak memungkinkan karena dapat mengganggu aktivitasmu, kamu tentunya bisa mengatasi hal tersebut dengan melakukan peregangan sederhana atau ringan. Sebab hal ini akan membantumu menghilangkan rasa kantuk ketika sedang menjalankan puasa.

Bagaimana caranya melakukan peregangan ringan? Caranya bisa dilakukan dengan menekuk leher kearah pundah kanan dan kiri secara bergantian, kemudian putar kepala beberapa kali. Selanjutnya putar badanmu ke kiri dan ke kanan agar dapat membantu untuk melepaskan otot-otot yang kaku.

Agar tidak merasa jenuh, kamu tentunya bisa mencoba untuk keluar ruangan dan berjalan-jalan di sekitar kantor beberapa menit. Tips agar puasa tidak lemas dan mengantuk satu ini tentunya akan membantu kamu untuk melancarkan aliran darah dan meningkatkan aliran oksigen ke otak. Secara perlahan, rasa kantuk pun akan menjadi lebih berkurang dan kamu pun bisa lebih fokus saat mengerjakan pekerjaan di kantor.

 

4. Pastikan Cairan Tubuh Terpenuhi dengan Baikpastikan cairan tubuh terpenuhi

Cairan dalam tubuh pastinya harus terpenuhi dengan baik ketika kita melakukan puasa. Hal ini dilakukan agar dapat mengurangi risiko dehidrasi saat tubuh tidak menerima makanan ataupun minuman di siang hari. Maka dari itu minumlah 2 gelas air di waktu sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas air sepanjang malam.

Kekurangan cairan tentunya menjadi salah satu penyebab tubuh terasa lemas ketika berpuasa. Dengan menggunakan rumus 2-4-4 tersebut kamu kini bisa memenuhi kebutuhan cairan agar tetap segar meskipun sedang berpuasa.

 

5. Perhatikan Asupan Gizi dan Vitaminasupan gizi dan vitamin

Rasa lemas dan ngantuk ketika berpuasa juga bisa disebabkan oleh kekurangan gula darah dan zat besi dalam tubuh. Oleh karenanya penting sekali untuk memerhatikan makanan yang kami santap saat sahur. Tujuannya adalah untuk menjaga stamina selama berpuasa seharian. Untuk menjaga stamina dan mengurangi rasa lemas dan ngantuk saat siang hari, kamu dianjurkan untuk memakan makanan yang bergizi saat sahur.

 

6. Tidur Siang Sebentartidur siang sebentar

Tak hanya bayi, orang dewasa juga memerlukan waktu tidur siang. Jika di kantormu terdapat waktu istirahat, maka gunakanlah waktu tersebut untuk tidur siang sebentar saja. Tidur siang 5 sampai 20 menit tentunya sangat efektif dalam menghilangkan rasa kantuk. Selain itu, kegiatan tidur siang sendiri dikenal bagus untuk kesehatan. Setelah melakukannya, dijamin kamu akan terbangun dengan tubuh segar dan lebih produktif lagi. Rasa kantuk pun hilang dan aktivitas bisa berlangsung dengan lancar. Tapi jangan sampai kebablasan ya!

Baca Juga : Makanan yang Bikin Melek Ini Ampuh Usir Rasa Ngantuk!

 

Puasa Sangat Bermanfaat Sekaligus Hemat!

Jadi, supaya puasa kita tetap lancar, kamu bisa lakukan tips-tips di atas ya. Jika ingin tetap berhemat saat puasa, kita bisa menggunakan aplikasi Cashbac selama puasa.

Karena di bulan puasa Ramadhan ini, ada banyak sekali promo yang bisa kamu dapatkan, diantaranya adalah:

cashback mcdonald's e-voucherE-Voucher McDonald’s 25 Ribu Seharga 1 Point Cashbac


cashback mcdeliveryPromo Bank Ramadan


cashback mcdeliverySahur & Buka Puasa Hemat dengan McDelivery


cashbac kawan lama 75 ribuHemat 75.000 Beli Perabotan


Rewards Menarik dari Bank

Setelah mengetahui berbagai tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk, ini artinya kamu harus mulai menerapkannya dalam aktivitas harian. Hal tersebut dikarenakan saat berpuasa tubuh cenderung mudah lemas dan mengantuk. Tentunya kedua hal ini akan mengganggu aktivitas harian dan membuat kegiatan pun menjadi terganggu. Tetap semangat walaupun kamu sedang berpuasa. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1443H!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%