Di masa pandemi Covid-19 ini kamu dituntut untuk bisa mengelola finansial dengan sebaik-baiknya. Tips belanja hemat di masa pandemi bisa kamu terapkan demi menjaga kondisi finansial tetap terkontrol. Karena tidak bisa dipungkiri, ketika masa pandemi gerak kamu untuk bekerja sangatlah terbatas bahkan sampai membuat pemasukan terasa terhambat. Hal ini tentu tidak hanya kamu saja yang mengalaminya. Banyak sekali yang mengeluhkan akan kondisi ini. Namun kembali lagi, bahwa yang mendapat musibah ini hampir semua negara dan masing-masing sedang berjuang untuk melawannya. Jadi, pastikan kamu bisa mengatur dengan bijak akan pengeluaranmu.

Kesulitan Yang Dialami Saat Masa Pandemi

Selama masa pandemi banyak sekali muncul berbagai permasalahan yang perlu untuk memperoleh penanganan serius. Selain masalah kesehatan yang darurat, masalah lain yang turut terkena imbas dan perlu mendapatkan perhatian khusus adalah di sektor ekonomi.

Di mana masalah di sektor ini begitu jelas dirasakan oleh sebagian besar orang, khususnya para pelaku usaha yang bisnisnya terganggu akibat pandemi. Dengan begitu, tips belanja hemat menjadi sangat penting untuk diaplikasikan dalam upaya mengatur pengeluaran yang tidak seimbang dengan pemasukan. Berikut adalah beberapa kesulitan yang banyak dialami di masa pandemi.

1. Sulit Mencari Pekerjaansulitnya mencari pekerjaan

Di tengah pandemi yang mana kebijakan untuk social distancing dan bahkan tidak sedikit juga perusahaan yang mengalami mati suri menyebabkan banyak orang kesulitan mendapatkan pekerjaan. Apalagi bagi para fresh graduate yang harapannya setelah lulus bisa segera mendapatkan pekerjaan.

Tapi justru kebalikannya. Kamu harus benar-benar bersabar untuk bisa menemukan lapangan pekerjaan yang masih membukan lowongan di masa pandemi. Hal ini tentu saja akan menambah jumlah pengangguran dan masih tetap menunggu hingga pandemi berakhir dalam waktu yang belum pasti.

 

2. Pengeluaran Terus, Pemasukan Macettidak ada pemasukan

Selama pandemi ini tentu saja pengeluaran akan terus dilakukan demi bisa mempertahankan hidup. Namun, hal itu tidak seimbang dengan pemasukan kamu. Otomatis kamu akan mengandalkan uang tabungan. Kebutuhan sehari-hari menjadi hal yang penting untuk selalu disediakan.

Baik bahan makanan pokok, sabun, gula, minyak goreng, dan sebagainya. Dengan begitu, setiap orang pun harus memutar otak dan mengatur strategi yang baik untuk bisa berhemat. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjalani tips belanja hemat yang mau tidak mau harus kamu lakukan agar persediaan tabungan tidak langsung terkuras.

 

3. Menurunnya Jumlah Konsumentoko sepi pembeli

Hal inilah yang sudah pasti dirasakan oleh para pelaku bisnis. Di mana konsumen yang membeli produk kamu mengalami penurunan. Masalah ini dikarenakan banyaknya orang yang takut untuk keluar rumah karena adanya penularan virus Covid-19.

Sehingga omset yang didapat para pelaku bisnis tidak akan seperti biasanya sebelum pandemi terjadi. Dan ini menjadi kesulitan tersendiri karena otomatis pemasukan yang didapat akan menurun drastis. Pelaku bisnis pun mulai menerapkan tips belanja hemat di masa pandemi agar keuangannya bisa tetap terkontrol.

Baca juga: 10 Cara Berhemat yang Salah, Berujung Pemborosan!

 

Tips Belanja Hemat Di Masa Pandemi

Adanya pandemi akan membuat kamu belajar bagaimana bisa menggunakan uang secara bijak. Mengingat kondisinya yang serba sulit, tips belanja hemat berikut ini adalah solusi terbaik untuk bisa bertahan di masa ini. Membeli barang yang benar-benar dibutuhkan dan bukan barang yang diinginkan. Berikut adalah beberapa tipsnya untuk kamu.

1. Membuat Daftar Belanja

Walaupun sederhana, namun membuat daftar belanja sangatlah penting untuk mengerem belanjaan kamu yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Karena biasanya jika kamu tidak membuat daftar belanjaan, maka sesampainya di pasar maupun supermarket, kamu akan tergiur untuk membeli berbagai macam barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Dan hal inilah yang mampu membuat pengeluaran kamu membengkak. Jadi, usahakan tips belanja hemat ini bisa kamu terapkan.

 

2. Jangan Lewatkan Diskon


Saat masa pandemi ini banyak sekali toko-toko maupun supermarket yang menawarkan diskon karena mereka juga ingin agar barang-barangnya bisa segera dibeli. Hal inilah yang jangan sampai kamu lewatkan. Dengan begitu, pengeluaran kamu bisa sedikit ditekan karena adanya diskon tersebut yang sangat membantu.Kamu juga bisa memanfaatkan Cashbac DEALS Delivery, dimana kamu bisa mendapatkan diskon langsung sekaligus Rewards, dan pesanan diatar ke rumah, banyak keuntungan sekaligus!

 

3. Pilihlah Pasar Tradisional Untuk Belanjapasar tradisional

Akan lebih baik jika kamu memilih pasar tradisional untuk berbelanja kebutuhan dibanding dengan supermarket. Karena pastinya barang-barang yang dijual di pasar lebih murah. Ini bisa menjadi tips belanja hemat yang sangat efektif. Kamu bisa membeli sayuran dalam jumlah yang banyak, tetapi dengan harga yang terjangkau. Bahkan kamu juga bisa menawarnya. Hal inilah yang tidak bisa kamu lakukan ketika belanja di supermarket. Walaupun begitu, ketika kamu ke pasar tetaplah mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan agar kamu tetap aman dan tidak tertular virus Covid-19 yang tanpa kamu ketahui ada di sekeliling.

 

4. Gunakan Aplikasi yang Bisa Menghemat


Saat ini ada aplikasi untuk menghemat belanja kamu, aplikasi yang memberikan berbagai macam promo dan rewards untuk penggunanya. Dengan aplikasi ini, kamu bisa lebih mudah untuk hidup hemat karena walaupun kamu sering bertransaksi tetap bisa menjadi lebih murah sehingga pengeluaranmu tetap terjaga. Salah satu aplikasi yang wajib kamu coba adalah CASHBAC.

 

5. Memasak Makanan Sendiri

Dibandingkan harus membeli makanan matang, akan lebih baik dan hemat jika kamu memasak makanan sendiri di rumah. Ketika memasak sendiri, otomatis kamu bisa meminimalkan bahan-bahan yang akan kamu masak. Tetapi jika membeli makanan yang sudah matang, harganya sudah pasti cukup mahal dibandingkan dengan kamu memasak sendiri.

 

6. Hindari Membuka Online Shopmenahan diri

Tips belanja hemat selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menghindari untuk membuka online shop. Karena tidak jarang kamu bisa saja menjadi kalap dengan barang-barang yang ditawarkan di online shop karena adanya diskon. Namun, harus dipertimbangkan kembali apakah hal tersebut keinginan kamu atau benar-benar dibutuhkan.

Baca juga: 6 Cara Hidup Hemat, Wajib Dilakukan Setelah Terima Gaji!

 

Belanja Hemat dengan Cashbac

Cashbac bekerjasama dengan banyak bank memberikan kamu rewards hingga 60%! Hubungan kartu debit atau kartu debit kamu di aplikasi Cashbac untuk menikmati rewardsnya.

Cashbac dapat digunakan untuk membeli semua kebutuhan belanja harian kamu di Alfamart, FamilyMart, hingga Gramedia, ACE Hardware, Informa, dan Drive Thru di McDonald’s.

Menyadari bahwa masa pandemi adalah masa yang sanga sulit terutama di dalam menurunnya jumlah pemasukan yang tidak sesuai dengan jumlah pengeluaran, maka langkah yang bijak harus kamu lakukan. Tips belanja hemat dari Cashbac tadi bisa kamu coba untuk bisa menekan pengeluaran kamu agar tidak berlebihan, tetapi kamu masih bisa tetap memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store