Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang tidak saja menyenangkan, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Tapi jika kamu seorang pemula, sebaiknya ketahui tips bersepeda untuk pemula agar aktivitas bersepeda yang kamu lakukan lebih aman dan nyaman.

Keamanan dan kenyamanan merupakan faktor paling utama yang perlu diperhatikan saat bersepeda, terutama jika melakukan perjalanan jauh. Terlebih lagi bagi seorang pemula, karena banyak hal yang bisa saja terjadi jika tidak mengetahui bagaimana cara yang benar dalam bersepeda.

Lantas apa sajakah tips bersepeda yang perlu diperhatikan oleh seorang pemula? Yuk simak ulasan di bawah ini jika kamu serius ingin mengetahuinya.

Baca Juga : Lagi Tren, Aksesoris Sepeda Yang Wajib Dimiliki!

 

8 Tips Bersepeda Untuk Pemula

Jika kamu seorang pemula, ada 8 tips bersepeda untuk pemula yang penting untuk diketahui. Tips-tips tersebut sebagai berikut :

1. Pilih Jenis Sepeda yang Tepat

pilih jenis sepeda

Seorang pemula dalam bersepeda terkadang asal membeli sepeda karena saking semangatnya. Hal tersebut tentu saja keliru, karena jenis sepeda yang akan dibeli seharusnya disesuaikan dengan tujuan bersepeda.

Jika kamu ingin menggunakan sepeda untuk berkeliling kota, maka jenis sepeda yang paling cocok ialah sepeda lipat. Demikian pula jika kamu ingin melakukan touring dengan bersepeda, maka jenis sepeda yang paling tepat untuk dibeli ialah sepeda khusus untuk touring.

 

2. Posisi Ketinggian Tempat Duduk

posisi jok sepeda

Umumnya para pemula lebih senang mengatur tempat duduk yang agak rendah supaya kakinya bisa menjangkau tanah dengan mudah. Tujuannya agar jika sepeda tiba-tiba oleng, dia langsung bisa mencegah dari terjatuh dengan menginjakkan kedua telapak kaki ke tanah.

Hal ini tentu saja keliru. Jika posisi tempat duduk terlalu rendah, posisi kaki saat mengayuh sepeda akan melebar, sehingga kaki cepat merasa letih.

Ketinggian tempat duduk yang ideal harusnya sedikit lebih tinggi, sehingga kaki hanya sedikit ditekuk di bagian bawah kayuhan pedal sepeda.

Jika kamu kesulitan untuk mengatur posisi ketinggian tempat duduk yang tepat, sebaiknya datangi toko sepeda. Minta pemilik toko atau stafnya untuk mengaturkan posisi yang tepat bagi kamu. Selain itu, kamu juga bisa meminta bantuan pesepeda profesional untuk mengaturkan posisi yang tepat.

 

3. Pakai Perlengkapan Keamanan Bersepeda

perlengkapan keamanan bersepeda

Saat bersepeda, faktor keamanan harus menjadi prioritas. Terutama jika kamu bersepeda menempuh perjalanan jauh. Jangan pernah menganggap enteng masalah keamanan, karena banyak hal yang bisa saja terjadi di jalan.

Oleh karena itu, pastikan kamu melengkapi diri dengan berbagai perlengkapan keamanan ketika ingin bersepeda. Banyak perlengkapan yang perlu kamu perhatikan, misalnya memakai helm sepeda, sepatu, kaos kaki, kaos tangan, pengaman lutut, dan semisalnya.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa botol air minum. Meskipun banyak warung untuk membeli air minum yang akan kamu lewati selama bersepeda, tetapi bisa saja kamu tiba-tiba kehausan saat melintasi jalanan yang sepi dan tidak terdapat warung di sekitarnya.

Jika memungkinkan, sebaiknya kamu tidak lupa membawa ban cadangan dan tools bersepeda seperti tuas ban, pompa mini, dan lain sebagainya. Sebab, sewaktu-waktu kamu membutuhkannya ketika sedang bersepeda.

 

4. Rendah Hati Ketika di Jalan

rendah hati ketika bersepeda

Hendaknya kamu selalu menanamkan sikap rendah hati saat bersepeda. Ingat, bukan hanya kamu seorang yang menggunakan jalan tersebut. Jika menyadari hal ini, kamu tentu lebih berhati-hati dan menghormati pengguna jalan yang lain.

Banyak masalah terjadi menimpa para pesepeda karena sikap angkuh dan egois mereka di jalan. Terlebih lagi jika sedang bersepeda secara berombongan. Sikap menganggap enteng dan tidak menghargai pengguna lain seringkali menyebabkan mereka terkena masalah besar.

 

5. Jangan Gunakan Headset Saat Bersepeda

jangan memakai headset ketika bersepeda

Kamu sering menggunakan headset saat bersepeda? Jika iya, segera hentikan kebiasaan itu. Sebab, kebiasaan buruk tersebut bisa menyebabkan kamu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan di jalan, seperti menabrak orang atau ditabrak kendaraan lain.

Jika kamu belum pernah mengalami hal yang tidak diinginkan akibat kebiasaan buruk tersebut sampai saat ini, itu bukan jaminan. Pasalnya, menggunakan headset menyebabkan kamu kurang fokus dengan kondisi jalan di depan dan menyebabkan kamu kurang awas dari mendengar hal-hal yang ada di sekitar.

 

6. Hafalkan Rambu-rambu Lalu Lintas

rambu rambu bersepeda

Sebagai pengguna jalan, tentu kamu harus menghafal rambu-rambu lalu lintas. Jika tidak menghafalnya, dikhawatirkan kamu akan melanggar rambu-rambu yang ada tanpa menyadarinya.

Terkadang rambu-rambu tersebut sifatnya urgent karena berkaitan dengan kondisi yang harus kamu penuhi selaku pesepeda ketika melintasi jalan tertentu, atau berkaitan dengan kondisi yang ada di sekitar jalan yang kamu lewati.

Banyak terjadi kecelakaan lalu lintas, baik yang menimpa mobil, motor, sepeda, bahkan pejalan kaki, karena kurang memahami rambu-rambu lalu lintas, atau karena tidak peduli dengan keberadaan rambu-rambu tersebut.

 

7. Pahami Teknik Dasar Bersepeda

teknik bersepeda

Sebelum mulai bersepeda, sebaiknya kamu sudah memahami beberapa teknik dasar bersepeda. Meskipun dasar, tapi teknik ini akan membantu kamu untuk bersepeda lebih aman dan nyaman. Sayangnya, banyak pemula yang tidak memerdulikan teknik dasar ini karena menganggap remeh.

Lantas apa saja sih teknik dasar bersepeda tersebut? Agar tidak penasaran, yuk langsung saja simak detail ulasannya di bawah ini :

  • Rem depan jauh lebih efektif untuk menghentikan sepeda secara mendadak.
  • Jika ingin mengerem sepeda saat melewati jalanan yang menurun, jangan gunakan rem depan karena bisa menyebabkan kamu terpelanting. Jika harus menggunakan, sebaiknya gunakan bersamaan dengan rem belakang.
  • Ketika akan melewati jalan menikung, kurangi kecepatan laju sepeda sebelum mencapai tikungan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi pengereman sebelum berbelok.
  • Angkat lutut kamu bagian dalam dan berikan beban keluar agar kesimbangan tetap terjaga.
  • Ketika mendekati pendakian, tetap kayuh sepeda untuk memberikan momentum sebanyak-banyaknya saat mendaki.

 

 8. Bawa Uang Tunai Secukupnya

bawa uang secukupnya saat bersepeda

Jika kamu ingin melakukan perjalanan jauh dengan bersepeda, sebaiknya bawa uang tunai secukupnya. Jangan bergantung dengan uang yang tersimpan di ATM, karena bisa saja kamu tiba-tiba membutuhkan uang tunai di lokasi yang tidak terdapat mesin ATM.

Bisa saja sepedamu tiba-tiba mengalami kerusakan seperti ban bocor, rantai sepeda terputus sehingga harus diganti, dan semisalnya. Jika kamu tidak tahu memperbaiki sendiri dan harus membawanya ke bengkel sepeda, tentu akan kesulitan sendiri jika tidak membawa uang tunai bukan?

Jika di dekat bengkel tersebut terdapat mesin ATM, tentu tidak ada masalah karena kamu hanya perlu menarik uang dari mesin ATM tersebut. Tapi bagaimana jika di sekitar lokasi tersebut tidak terdapat mesin ATM? Di mana kamu harus menarik uang? Bingung bukan? Oleh karena itu, bawalah uang tunai secukupnya.

Baca Juga : Macam Macam Perlengkapan Bersepeda, Lengkapi Yuk!

Itulah 8 tips bersepeda untuk pemula yang bisa kamu ketahui pada postingan kali ini. Sebaiknya kamu memperhatikan sungguh-sungguh tips yang disebutkan di atas. Sebab, tips-tips tersebut meskipun terkesan sederhana, terbukti bisa menciptakan kenyamanan dan keamanan ketika bersepeda.

 

Tentang Aplikasi Cashbac

cashbac app
Untuk berbelanja gunakan selalu Cashbac, aplikasi yang memberikan instant rewards di ribuan merchant yang sudah bekerjasama seperti McDonald’s, Solaria, Chatime, Kopi Kenangan, Alfamart, FamilyMart, Gramedia, ACE Hardware, IrwanTeam, Gorjes, dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi Cashbac, pengalaman berbelanja kamu akan lebih menyenangkan.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya baca di artikel berikut:

Aplikasi Rewards Terbaik di Indonesia

Download sekarang Cashbac, aplikasi rewards terbaik di Indonesia!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC E-VOUCHER - DISKON HINGGA 50%!