Pandemi covid-19 yang tidak kunjung usai meresahkan hati. Masalah ini tidak hanya menimpa kalangan kelas bawah, yang tiap hari berjuang demi sesuap nasi, bahkan kalangan kelas atas perlu memutar otak hanya untuk belanja kebutuhan sehari hari.

Kebijakan Work From Home (WFH) pun tidak mengubah keadaan, karena biaya transportasi untuk bekerja, kini habis untuk kebutuhan kuota, efeknya, biaya kuota internet masuk ke dalam dana belanja kebutuhan sehari hari. Sisi lainnya, tetap di rumah memperbanyak waktu luang, pengeluaran untuk jajan yang sebetulnya bukan kebutuhan utama malah terjadi.

Nah, karena itu selama masa pandemi covid-19 dan pembatasan keluar rumah, kamu jelas butuh yang namanya planning keuangan supaya tidak besar pasak daripada tiang. Pengelolaan keuangan ini sangat penting, terutama di lingkup rumah tangga, tentu tidak ingin cekcok dengan pasanganmu karena keuangan menipis padahal waktu gajian masih lama kan?

Baca Dulu Ini : Kebutuhan Sehari Hari yang Wajib dipenuhi, Apa Saja Sih?

 

Cara Hemat Belanja Kebutuhan Sehari Hari

Di tengah wabah covid-19 belanja kebutuhan sehari hari merupakan hal yang wajib dilakukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, tetapi di sisi lain belanja juga harus tetap berhemat.

Tapi bagaimana caranya agar pengeluaran tidak membludak di masa pandemi? Berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengalokasikan dana yang kamu punya secara efektif dan efisien, sehingga belanja kebutuhan sehari hari di masa pandemi, tidak lagi menjadi momok dalam rumah tangga.

1. Buat Skala Prioritas Kebutuhanhemat belanja kebutuhan sehari hari - skala prioritas kebutuhan

Biasanya penyebab pengeluaran membludak saat belanja kebutuhan sehari hari, adalah karena tidak adanya skala prioritas tentang apa yang dibeli. Semua kebutuhan ditulis dalam satu kertas, tapi tidak jelas mana yang dibutuhkan dengan cepat, mana yang tidak.

Membuat skala prioritas tentang apa yang harus dibeli, bisa bantu kamu menyelesaikan problema keuangan ini. Pertama-tama catat semua kebutuhanmu, segala sesuatu yang butuh dibeli, bukan ingin dibeli. Kamu bisa mencatatnya di kertas, atau notes smartphone-mu.

Setelah mencatat kebutuhan yang hendak dibeli, berikan keterangan pada barang kebutuhan tersebut, mulai dari penting dan mendesak, lalu penting tidak mendesak. Karena bisa jadi, kebutuhan yang sudah tercatat di list tersebut hanyalah kebutuhan penting, tapi tidak harus dimiliki dalam waktu dekat.

Tidak jarang juga, pengeluaran membludak karena panic buying. Hal ini wajar tetapi tidak bisa dibenarkan. Keberadaan pandemi covid-19 yang mengharuskan tetap di rumah, membuat hati was-was akan kehabisan stok, padahal kalau kamu panic buying di masa pandemi bakalan memperburuk keberadaan stok kebutuhan di pasaran.

Adanya panic buying, belanja kebutuhan sehari hari bisa jadi olahraga ekstrem karena harus berkompetisi dengan massa panik yang juga melakukan panic buying.

Nah, membuat list belanja dengan skala prioritas bisa jadi solusi. Dengan berpedoman dengan list yang sudah dibentuk, pengeluaranmu bisa lebih terencana. Lumayan kan kalau masih ada sisa-sisa bisa untuk menabung atau investasi.

2. Pakai Pembayaran Non-Tunaihemat belanja kebutuhan sehari hari - pakai dompet digital e-wallet

Seperti yang sudah diketahui umum, virus covid-19 menyebar dengan media droplet yang keluar dari tubuh yang terjangkit, dan dapat menempel di banyak tempat. Karena itu tips berikutnya untuk hemat berbelanja di era pandemi covid-19 adalah dengan menggunakan pembayaran non-tunai untuk bertransaksi untuk meminimalisir sentuhan dan mengecilkan kemungkinan terjangkit.

Memang kadang pengeluaran sedikit tidak terasa kalau pakai non-tunai, karena uang yang dipegang serasa tidak berkurang. Tapi berhubungan dengan tips pertama, yaitu menggunakan list belanja dan skala prioritas yang hendak dibeli. Dengan begitu belanja kebutuhan sehari hari tidak akan menguras uang non-tunai kamu karena sudah tercatat dan terencana.

Kabar bagus lainnya, kalau kamu cermati, di banyak kasir di swalayan, menggunakan pembayaran non-tunai seringkali mendapatkan rewards. Besarannya pun beragam, bahkan ada yang mencapai puluhan persen.

Bayangkan kamu belanja kebutuhan sehari hari di swalayan, jika membayar tunai, kamu perlu seratus ribu rupiah, tapi kalau menggunakan non-tunai kamu bisa mendapatkan rewards. Sudah jelas rewards seperti ini sangat membantu, terutama di era pandemi yang dimana untuk mencari uang saja terasa mencekik.

3. Maksimalkan Belanja Onlinehemat belanja kebutuhan sehari hari - belanja online

Untuk sebagian kalangan, belanja kebutuhan sehari hari online ketika pandemi covid -19 adalah langkah yang tepat. Tidak perlu berdesak-desakan, tanpa kerumunan dan tanpa antri berdiri, adalah sederet kelebihan yang ditawarkan belanja online.

Banyak orang masih ragu dengan belanja online, terutama karena keberadaan ongkos kirim yang menghantui. Sebenarnya gak harus separno itu, belanja kebutuhan sehari hari online bakalan merugikan kalau belanjanya tidak dimaksimalkan. Lagipula sudah cukup banyak tempat belanja yang menyediakan free ongkir sampai depan pintu.

Tapi saat belanja kebutuhan secara online di era pandemi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Hal ini terkait dengan kesehatanmu dan kesehatan orang-orang di rumahmu.

Saat menerima barang belanjaan yang diantarkan kurir, minta dia untuk meletakkannya di depan pintu rumah, mencegah kontak langsung untuk meminimalisir kemungkinan virus yang hinggap di tubuh atau pakaian si kurir.

Setelah itu semprot paket dengan disinfektan untuk membunuh virus-virus yang ada termasuk virus covid-19. Baru setelah melewati serangkaian proses tersebut, kamu bisa dengan hati tenang membuka belanjaanmu tanpa harus takut beresiko tertular virus covid-19 yang mungkin menempel di bungkusnya.

4. Gunakan Aplikasi Untuk Berhemataplikasi cashbac

Gak bisa dipungkiri kawan, pandemi covid-19 ini mendongkrak inovasi di banyak sektor. Para distributor, perlu berinovasi supaya usaha yang mereka miliki tidak mati. Baru di era pandemi aplikasi belanja kebutuhan sehari hari menjadi tren seiring naiknya jumlah masyarakat yang berbelanja.

Kamu bisa coba aplikasi Cashbac yang juga bisa menjadi aplikasi andalan kamu sehari hari, karena Cashbac bisa dipakai untuk berbelanja dan kamu bisa dapat rewards secara instan yang bisa langsung kamu pakai untuk berbelanja kebutuhan sehari hari seperti di Alfamart dan FamilyMart, kamu bisa juga berbelanja kebutuhan rumah tangga di ACE Hardware, Informa, dan Selma.

Selain untuk berbelanja kebutuhan sehari hari, aplikasi Cashbac juga bisa dipakai untuk makan di berbagai tempat favorit lainnya seperti tempat makan, cafe, perawatan seperti di McDonald’s, Seribu Rasa, Chatime, Christoper Salon, dan masih banyak tempat favorit lainnya.

Baca Juga : 6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga, Ternyata Mudah Lho!

 

Promo Kebutuhan Sehari Hari dari Cashbac

Lebih hemat pakai Cashbac untuk memenuhi semua kebutuhan sehari hari kamu, karena ada aplikasi Cashbac yang bisa membuat kamu berhemat jika belanja di merchant-merchant favorit kamu.

Ada bonus points hingga 100 ribu yang berlaku di seluruh outlet Ace Hardware, Ace Express, Informa, Selma, Toys Kingdom, Ataru, Bike Colony, Dr Kong, Pendopo, Travelink yang terdaftar pada aplikasi Cashbac!


Ada juga promo bank dimana kamu bisa hemat hingga 50%! Kamu bisa pakai di semua merchant Cashbac untuk melengkapi kebutuhan sehari hari kamu.


Begitulah empat tips mudah untuk menghemat pengeluaran selama pandemi covid-19. Entah kapan wabah ini akan berakhir, yang sudah jelas manusia perlu beradaptasi dalam banyak hal, tidak terkecuali dalam belanja kebutuhan sehari hari.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store