Puasa dan Lebaran merupakan dua momen yang paling ditunggu oleh seluruh umat Muslim. Karena momen ini hanya datang setahun sekali, tak heran jika banyak orang cenderung lepas kendali saat menyambutnya. Saat mendekati Lebaran, pastinya akan banyak kebutuhan yang harus disiapkan jelang hari raya. Jelang Lebaran, orang-orang juga cenderung menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli baju dan kue-kue Lebaran. Kamu tentu punya cukup budget memenuhi kebutuhan tersebut, tapi hal tersebut tidak boleh dijadikan alasan untuk menjadi boros.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kondisi keuangan sangat rentan mengalami perubahan secara cepat. Maka dari itu, pastikan kamu untuk menghindari kegiatan berbelanja yang terlalu banyak mengeluarkan uang untuk kebutuhan lebaran nanti. Alokasikan dana lebih banyak ke tabungan untuk masa depan. Selain itu masih banyak tipsLebaran hemat yang perlu kamu ketahui agar bisa menggunakan uang dengan lebih bijak lagi.

Baca Juga : Ide Liburan yang Seru bersama Keluarga di Jakarta!

 

Tips Lebaran Hemat

Ingin tahu apa saja tipsnya? Di bawah ini adalah tips Lebaran hemat yang bisa kamu lakukan agar bisa mengelola keuangan dengan baik saat Lebaran nanti:

Mengalokasikan Dana Mudik dengan tepat

alokasikan dana mudik

Hal yang paling ditunggu-tunggu saat momen lebaran tiba adalah mudik. Kegiatan pulang kampung ini sudah menjadi agenda tahunan yang wajib dilakukan oleh para pekerja yang merantau ke kota lain. Akan tetapi, kamu tentunya harus bisa mengalokasikan dana mudik dengan tepat agar bisa menghemat pengeluaran untuk akomodasi selama perjalanan.

Dana mudik sendiri bisa dibilang cukup besar, apalagi jika kamu harus mudik bersama seluruh anggota keluarga. Apalagi harga tiket transportasi umum biasanya selalu mengalami peningkatan jelang Lebaran. Maka dari itu kamu harus alokasikan dana tersebut dengan cara yang tepat, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi kondisi keuangan. Hal yang bisa kamu lakukan adalah mencari tiket murah atau ikut program mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah.

 

Maksimalkan Dana THR

maksimalkan dana thr

Tips lebaran hemat selanjutnya adalah memaksimalkan dana THR. Bagi para pekerja, THR merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu. Setelah mendapatkannya banyak orang memilih untuk merayakannya dengan berbelanja. Akan tetapi jangan terburu-buru untuk membelanjakan dana THR untuk berbagai kebutuhan yang kurang penting, meskipun ada pengeluaran Lebaran yang bisa dipangkas lagi dalam keuangan kamu.

Memanfaatkan dana THR dengan menggunakan cara yang tepat tentunya harus dilakukan oleh semua orang. Kamu tentunya bisa melihat ada saja hal yang harus dibenahi di dalam kondisi keuanganmu. Misalnya membayar cicilan dan lain sebagainya. Kamu pun bisa mengalokasikan dana THR pada berbagai jenis kebutuhan yang lebih penting seperti uang muka rumah, tabungan pensiun, investasi, dan lain sebagainya.

 

Kurangi Biaya Baju dan Kue Lebaran

kurangi belanja baju lebaran

Bersilaturahmi di masa pandemi tentunya tidak akan seramai biasanya. Bahkan tamu yang berkunjung pun tidak akan sebanyak tahun-tahun sebelumnya, sehingga kamu bisa memangkas anggaran biaya untuk kue-kue lebaran ataupun makanan lainnya. Dengan demikian kamu pun bisa lebih hemat dalam mengatur pengeluaran keuangan.

Selain itu, tips Lebaran hemat juga bisa dilakukan dengan tidak membeli baju baru untuk digunakan di hari Lebaran. Ya, momen Lebaran sendiri memang selalu identik dengan baju baru. Akan tetapi hal tersebut tidak wajib dan tidak perlu dilakukan jika kamu ingin berhemat. Dengan tidak membelanjakan uang pada baju dan kue Lebaran, pastinya kamu pun bisa menikmati momen Lebaran dengan hemat.

 

Jangan Mudah Tergoda dengan Diskon

jangan tergoda diskon

Berbelanja secara online sudah pasti menjadi rutinitas yang kini banyak dilakukan oleh masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Setiap tahunnya, momen Lebaran selalu dipenuhi dengan tawaran diskon yang sangat menarik. Hal ini tentunya akan membuat banyak orang jadi merasa bersemangat untuk mendapatkan berbagai jenis barang dengan harga terjangkau.

Akan tetapi, pastikan kamu tak mudah tergoda dengan semua hal tersebut, meskipun memiliki dana untuk belanja. Sebab diskon tersebut akan membuat kamu menjadi lebih konsumtif dan boros ketika berbelanja jelang Lebaran. Jika perlu, kamu bisa mematikan notifikasi dari platform marketplace yang biasa digunakan agar tidak mudah tergoda untuk berbelanja hal-hal yang tidak begitu penting.

 

Menabung Anggaran Buka Puasa

menabung anggaran buka puasa

Berbuka puasa bersama teman atau keluarga memang sudah menjadi hal yang lazim dilakukan saat bulan puasa. Kamu pun pasti sudah menyiapkan anggaran khusus untuk melakukan aktivitas ini. Namun dana buka puasa ini cukup besar, apalagi jika kamu sering melakukannya selama bulan puasa.

Dana untuk melakukan kegiatan buka puasa bersama tentunya tidak sedikit. Agar bisa menikmati momen Lebaran hemat, kamu pentinya bisa menyimpan dana buka puasa dan mengalokasikan ke dalam tabungan. Nantinya dana tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain yang tentunya jauh lebih penting daripada buka puasa bersama.

 

Rencanakan Anggaran Lebaran

rencanakan anggaran lebaran

Pastikan kamu membuat rencana anggaran Lebaran dalam jumlah yang tepat. Hal ini tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki agar tetap seimbang dengan budget hemat. Dana Lebaran sendiri perlu dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan dengan baik. Pasalnya, hal ini akan membuat kondisi keuangan dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, merencanakan anggaran untuk Lebaran juga akan memudahkanmu dalam mengontrol pengeluaran secara bijak.

Kamu bisa memulai merencanakan anggaran Lebaran mulai dari kebutuhan zakat, mudik, pakaian, kue, dan lain sebagainya. Rencana anggaran biaya tentunya dapat membantu semua orang untuk melihat pengeluaran dengan lebih detail. Jadi, jangan malas untuk mencatat berbagai kebutuhan dan mempertimbangkannya kembali. Jika dirasa ada hal yang kurang penting, maka kamu bisa mengesampingkannya dan mengedepankan kebutuhan yang penting saja.

 

Simpan Stok Daging

simpan stok daging

Momen Lebaran tentunya selalu ditandai dengan meningkatnya harga pada kebutuhan pangan, tak terkecuali daging. Ya, harga daging menjelang Lebaran tentu sering mengalami kenaikan yang signifikan seiring dengan meningkatnya jumlah permintaan. Meskipun demikian kamu bisa menyimpan stok daging jauh sebelum hari Lebaran tiba. Dengan demikian kamu tak perlu khawatir dengan lonjakan harga tinggi di pasaran.

Tips ini tentunya harus kamu lakukan karena bisa membantu menghemat biaya pengeluaran selama Lebaran. Apalagi olahan makanan yang disajikan selama momen Lebaran sangat banyak dan harga di pasaran pun sangat mahal. Tak ada salahnya untuk menyimpan stok daging lebih dulu sebelum harganya melonjak tinggi sehingga kamu pun bisa lebih hemat dan menyisihkan uang untuk kebutuhan lainnya.

Baca Juga : 9 Tips Mengatur Keuangan untuk Berwisata

 

Tetap Hemat Bersama Cashbac!

Menyambut Lebaran tahun ini ini, ada banyak sekali promo yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi Cashbac, diantaranya adalah:

cashback mcdonald's e-voucherE-Voucher McDonald’s 25 Ribu Seharga 1 Point Cashbac


cashback mcdeliveryPromo Bank Ramadan


cashback mcdeliverySahur & Buka Puasa Hemat dengan McDelivery


cashbac kawan lama 75 ribuHemat 75.000 Beli Perabotan


Rewards Menarik dari Bank

Nah, itulah beberapa tips Lebaran hemat yang bisa kamu lakukan dalam menyambut Hari Raya nanti. Pengeluaran pastinya harus dijaga dengan ketat saat momen Lebaran. Maka dari itu dengan melakukan penghematan keuangan dengan baik kamu bisa menikmati momen lebaran dengan hemat dan hikmat di setiap tahunnya tanpa perlu menghabiskan terlalu banyak uang. Dengan berhemat kamu bisa mengalokasikan dana untuk hal-hal yang lebih penting seperti tabungan maupun simpanan dana darurat.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store