Apa kamu sedang mencari tips olahraga saat puasa yang benar? Jika iya, artikel ini akan memberikan solusi yang tepat. Meski sedang puasa, kamu tidak boleh bermalas-malasan. Hal itu karena semakin malas menggerakkan tubuh saat puasa justru membuat diri kamu semakin lemas dan tidak bersemangat lho. Olahraga sendiri merupakan aktivitas tubuh yang menyehatkan, meski tubuh kamu lemas karena tidak makan minum seharian olahraga ini tidak boleh kamu tinggalkan.

Baca Juga : Manfaat Puasa Bagi Kesehatan, Sangat Banyak!

 

Jenis Olahraga Saat Puasa

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan berolahraga saat puasa. Olahraga selama puasa akan membuat tubuh kamu tetap bugar, sehat, dan tetap energik. Selain itu, penting bagi kamu untuk melakukan jenis olahraga yang tepat. Apa saja? Yuk simak di bawah ini!

Yoga

tips olahraga saat puasa - yoga
Olahraga yang satu ini memiliki fokus pada peregangan dan teknik pernapasan agar tubuh menjadi lebih fit. Yoga bisa membuat otot lebih kuat dan meningkatkan konsentrasi. Saat puasa seperti saat ini, sebaiknya yoga dilakukan di tempat yang sejuk. Untuk menciptakan nuansa yang lebih tenang kamu bisa menambahkan suara gemericik air yang lebih menenangkan. Jangan melakukan yoga di suhu tinggi karena menyebabkan dehidrasi bahkan lemas.

 

Bersepedatips olahraga saat puasa - bersepeda

Jenis olahraga yang cocok di bulan puasa selanjutnya adalah bersepeda. Olahraga yang satu ini sangat cocok kamu lakukan saat pagi hari sehabis sholat subuh. Udara yang segar akan membuat kamu menjadi lebih sehat dan bersemangat. Selain itu, bersepeda juga menyehatkan karena kamu bisa membakar seputar 300 kalori dalam sejam.

 

Jogging

tips olahraga saat puasa - jogging
Jenis olahraga saat puasa yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah jogging.  Kamu bisa berlari selama 3 menit dengan durasi setengah jam. Dalam durasi setengah jam tersebut kalori yang bisa terbakar sebanyak 210 kalori. Agar tidak haus, kamu bisa melakukan jogging mendekati waktu buka puasa agar tidak haus dan tidak menunggu waktu terlalu lama untuk minum. Jogging di siang hari hanya akan membuat kamu mudah haus dan lapar.

 

Senam

tips olahraga saat puasa - senam
Olahraga yang satu ini juga bisa kamu lakukan saat puasa. Senam bisa membuat tubuh kamu lebih energik dan bersemangat. Jika selama ini kamu sering merasa lesu, pegal, mudah lelah bisa jadi kamu kurang olahraga. Maka dari itu, jaga stamina kamu selama puasa dengan berolahraga.

Senam yang tepat dilakukan saat puasa adalah aerobik dan zumba. Kamu bisa melakukan olahraga tersebut setelah berbuka puasa agar tidak merasakan haus atau lapar. Baik senam aerobik maupun zumba tersebut sangat bagus untuk tubuh kamu karena bisa meningkatkan daya tahan dan membakar banyak kalori.

 

Jalan Cepattips olahraga saat puasa - jalan cepat

Olahraga yang satu ini cocok kamu lakukan saat puasa. Jika kamu merasa jogging terlalu berat untuk dilakukan saat puasa, tidak ada salahnya kamu melakukan olahraga yang satu ini.  Jalan cepat memakan lebih sedikit energi sehingga kamu tidak mudah merasa lelah. Jalan cepat selama 30 menit akan membantu keseimbangan tubuh kamu saat puasa.

 

Latihan Beban Tanpa Alattips olahraga saat puasa - latihan beban tanpa alat

Olahraga latihan beban tanpa alat sangat bagus untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kamu. Latihan beban bisa kamu lakukan tanpa harus ke gym misalnya saja plank dan squat. Kamu bisa melakukan gerakan tersebut masing-masing 10 kali. Ulangi olahraga tersebut sebanyak empat set. Olahraga yang satu ini hanya bisa dilakukan saat fisikmu prima. Kamu bisa melakukan latihan beban tanpa alat selama 15 menit dan maksimal 30 menit.

 

Pilates

tips olahraga saat puasa - pilates
Selain yoga, pilates menjadi olahraga yang bisa kamu lakukan saat puasa. Pilates sangat bagus untuk memperbaiki postur tubuh bahkan mampu meningkatkan fleksibilitas tubuh. Pilates bukan olahraga dengan intensitas yang tinggi sehingga tidak akan menyebabkan kamu kelelahan. Melakukan olahraga yang satu ini selama satu jam akan membakar 200 kalori.

 

Body Combattips olahraga saat puasa - body combat

Mungkin olahraga yang satu ini sedikit asing, namun bisa kamu jadikan sebagai olahraga andalan saat puasa. Body Combat sendiri merupakan olahraga yang mirip dengan aerobik, hanya saja perbedaannya menggunakan gerakan bela diri seperti menendang dan meninju menggunakan siku dan lutut.

Agar maksimal, kamu harus menyesuaikannya dengan kemampuan fisik kamu. Mulailah dengan lagu tidak terlalu cepat perlahan sambil meningkatkan ritme. Body Combat bisa kamu lakukan selama 20 sampai 30 menit, selain kalori banyak terbakar tubuh juga akan semakin kencang.

 

Jumping Jack dan Burpeestips olahraga saat puasa - burpee

Terakhir ada jumping jack and Burpees. Gerakan sederhana pada kedua olahraga yang satu ini bisa menggenjot jantung maupun paru-paru kamu. Untuk melakukannya tidak diperlukan tempat luas dan peralatan apapun karena kedua gerakan ini bermanfaat untuk melatih otot kaku maupun otot lengan.

Baca Juga : 7 Tips Puasa Sehat, Apa Saja Sih?

 

Tips Olahraga Saat Puasa Agar Maksimal

Ada beberapa tips olahraga saat puasa yang bisa kamu lakukan agar memberikan efek maksimal. Cara olahraga saat puasa yang salah hanya akan membuat tubuh kamu lemas, lesu dan membuat kamu jatuh sakit. Lalu seperti apa tips olahraga saat puasa yang baik dan benar? Simak di bawah ini ya!

1. Pastikan Waktunya Tepattips olahraga saat puasa - pilih waktu yang tepat

Tips olahraga saat puasa pertama pastikan waktunya tepat.  Menemukan waktu yang tepat untuk olahraga ini sangat penting karena olahraga yang dilakukan menggunakan perut kosong dan tanpa asupan air. Saat puasa ramadhan, ada beberapa waktu ideal untuk olahraga. Pertama, satu jam sebelum kamu berbuka puasa.

Kedua, waktu olahraga yang tepat setelah berbuka puasa. Kamu bisa melakukannya satu jam setelah berbuka puasa, langsung berolahraga tanpa memberikan jeda hanya akan membuat perut kamu kram lho. Selanjutnya setelah sahur, tubuh kamu masih menyimpan cadangan energi dari makan malam kamu sebelumnya.

 

2. Ajak Teman, Sahabat atau Saudaratips olahraga saat puasa - ajak teman

Saat puasa, hindari olahraga sendirian. Berolahraga bersama orang spesial seperti teman, sahabat atau saudara membuat olahraga yang kamu lakukan semakin asyik dan tidak terasa berat. Olahraga bersama orang tersayang bisa menjadi quality time yang menyenangkan dan berkesan.

 

3. Kenali Tanda Dehidrasitips olahraga saat puasa - awas dehidrasi

Olahraga saat puasa boleh-boleh saja, tapi jangan mengabaikan tanda yang diberikan oleh tubuh kamu ya. Salah satu tanda yang tidak boleh kamu abaikan adalah tanda dehidrasi. Nah, tanda yang sering ditemui pada saat kamu dehidrasi adalah pusing dan kelelahan, penglihatan kabur atau berkunang-kunang, urine gelap, kram otot, denyut jantung terlalu cepat, dan merasa sangat haus.

 

4. Penuhi Asupan Cairantips olahraga saat puasa - cukup cairan

Agar tidak mengalami dehidrasi, penting bagi kamu untuk memenuhi asupan cairan. Selain membuat lelah, dehidrasi juga sangat berbahaya untuk tubuhmu. Untuk membuat cairan tubuh tetap terpenuhi selama puasa kamu bisa mengikuti pola minum 2-4-2. Artinya adalah 2 gelas saat berbuka, 4 gelas air putih ketika makan malam dan 2 gelas air putih ketika sahur.  Dengan metode tersebut cairan di dalam tubuh tetap terpenuhi dengan baik.

 

5. Tidur yang Cukuptips olahraga saat puasa - tidur cukup

Tips olahraga saat puasa terakhir yang bisa kamu lakukan adalah tidur yang cukup. Untuk mendapatkan tubuh yang lebih bugar saat puasa pastikan tidur kamu cukup ya. Olahraga yang kamu lakukan akan terasa berat jika tidur kamu kurang. Tidur yang cukup juga bermanfaat untuk menjaga kadar insulin kamu agar rasa lapar saat puasa bisa dicegah.

Baca Juga : 8 Tips Diet Saat Puasa, Efektif dan Aman!

 

Puasa Sehat dan Hemat Bersama Cashbac!

Di bulan puasa Ramadhan ini, ada banyak sekali promo yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi Cashbac, diantaranya adalah:

cashback mcdonald's e-voucherE-Voucher McDonald’s 25 Ribu Seharga 1 Point Cashbac


cashback mcdeliveryPromo Bank Ramadan


cashback mcdeliverySahur & Buka Puasa Hemat dengan McDelivery


cashbac kawan lama 75 ribuHemat 75.000 Beli Perabotan


Rewards Menarik dari Bank

Demikianlah tips olahraga saat puasa yang bisa kamu lakukan untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh kamu, yuk mulai rajin berolahraga sekarang juga. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1443H!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%