Kebutuhan akan barang memang semakin lama semakin meningkat. Menariknya saat ini sudah ada metode kredit barang lho. Namun sebelum memutuskan menggunakan metode pembayaran tersebut. Kamu juga perlu tahu seluk beluk kredit barang.

Apa itu Kredit Barangapa itu kredit barang

Tak bisa dipungkiri kebutuhan akan barang memang selalu meningkat seiring berjalannya waktu. Selain itu harga barang terkadang juga tak begitu memihak pembeli atau terbilang cukup mahal. Namun siapa sangka jika adanya barang yang cukup mahal tersebut bisa dibeli secara kredit lho.

Sebenarnya hampir sama dengan kredit rumah sistem yang dilakukan. Namun banyak kredit barang ini berlaku untuk beberapa barang tertentu seperti elektronik. Proses pembayaran cicilan juga terbilang begitu bervariatif.

Tentunya akan ada ketentuan yang harus dipahami oleh calon pembeli dengan sistem kredit. Baik itu hak maupun kewajiban kedua belah pihak yang melakukan perjanjian kredit tersebut. Maka dari itu jika kamu ingin kredit barang salah satu langkahnya adalah membaca ketentuan atau peraturan yang berlaku. Dengan begitu kamu juga akan meminimalisir terjadinya sebuah kerugian.

Baca Juga : Arti Paylater, Cara Kerja, Keuntungan dan Kerugiannya

 

Tips Mengambil Kredit Barang

Kredit barang adalah salah satu metode pembayaran yang sampai saat ini begitu banyak digandrungi oleh banyak orang. Selain mempermudah mendapatkan barang yang diinginkan. Kebanyakan besaran cicilan dari kredit barang tersebut juga terbilang relatif kecil.

Meski begitu tetap saja, kamu harus memperhatikan beberapa tips nih sebelum memutuskan untuk melakukan proses kredit barang. Apa saja sih sebenarnya tips yang dibutuhkan sebelum kredit barang. Berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. Pahami Jenis Kebutuhanmemahami jenis kebutuhan

Tak bisa dipungkiri jika banyak orang melakukan kredit barang hanya untuk gengsi saja. Padahal sebelum melakukan proses kredit untuk suatu barang juga perlu memperhatikan beberapa hal lho.

Salah satunya mengetahui jenis kebutuhan. Maksudnya adalah kamu sebagai calon kreditur barang harus tahu nilai barang tersebut dalam hidupnya. Pilihan barang yang akan dicicil dengan kondisi bisa memberikan feedback kepadamu.

Contohnya adalah ketika kamu ingin membeli sebuah laptop untuk bisnis dengan sistem kredit. Maka hal-hal tersebut tak masalah. Sebab laptop tersebut mampu meningkatkan sisi produktivitas, pengembangan dan keuntungan dari segala hal seperti dari segi rejeki.

Akan tetapi kamu juga perlu tahu jika barang yang akan kamu beli dengan sistem kredit tidak memiliki nilai untuk hidupmu. Maka akan lebih baik mengurungkan niatmu untuk kredit suatu barang. Sebab barang tersebut bisa jadi akan meningkatkan pengeluaran tanpa memberikan pemasukan kepadamu.

2. Kemampuan Danakemampuan dana

Proses kredit barang yang kamu lakukan tentunya juga akan selalu berjalan sesuai dengan jangkauan waktu yang ditentukan dalam kontrak sebelumnya. Sebagai contohnya ketika kamu membeli ponsel dengan sistem kredit selama 12 bulan.

Maka selama jangkauan waktu 12 bulan tersebut, kamu harus bisa melakukan pembayaran angsuran sesuai besaran dan tanggal yang sudah ditentukan di awal. Perlu diketahui juga jika dalam proses pembayaran angsuran tepat waktu memberikan keuntungan tersendiri baki kamu.

Contohnya adalah tidak akan terkena pajak atau biaya tambahan. Sebab beberapa lokasi penyedia sistem bayar cicilan juga memberikan sebuah beban biaya tambahan ketika seorang kreditur melakukan keterlambatan pembayaran.

Sebelum itu semua kamu juga harus tahu kemampuan dana yang dimiliki. Sebab selama jangkauan waktu pembayaran angsuran tersebut ketersediaan dana harus tetap ada.

Sebenarnya sebelum mengambil kredit barang, kamu bisa melihat kemampuan dana beberapa waktu ke depan. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan besaran angsuran yang digunakan.

3. Perhatikan Kebutuhan Lainlihat kebutuhan lain

Memang benar melakukan kredit barang bisa membantu dalam sistem pembayaran. Namun jika barang tersebut bernilai konsumtif tanpa memberikan efek positif kepadamu. Maka coba perhatikan kondisi kebutuhan lain.

Sebelum memutuskan untuk melakukan kredit barang, kamu juga harus tahu nih alokasi dana di tempat lain. Jika kebutuhan tempat lain saja dana masih kurang atau pas-pasan. Sebaiknya pikir dua kali untuk melakukan kredit barang.

Apalagi sampai harus mengorbankan beberapa dana darurat hanya untuk kredit suatu barang dengan nilai feedback yang cukup minim.

4. Beban Angsuranlihat beban angsuran kredit barang

Proses pembayaran kredit terkadang ada beberapa biaya tambahan. Contohnya adalah besaran bunga dan pajak ketika telat dalam membayar. Hitung keseluruhan dana cicilan setiap bulannya. Lalu bandingkan dengan kemampuan dana pribadi.

Apakah dengan besaran angsuran tersebut, dana pribadi bisa membendungnya. Tanyakan pada diri sendiri terlebih dahulu, apakah yakin mengambil cicilan barang. Sebab memang penting untuk tahu kemampuan pribadi dengan besaran beban asuransi yang diberikan.

5. Lama Angsuranlihat tenor angsuran kredit barang

Namanya juga kredit, tentunya juga ada jangkauan waktu yang diberlakukan. Nah dalam tahap ini semakin lama kamu mengangsur biasanya akan semakin rendah biaya setiap bulannya. Namun kembali lagi dengan kemampuan dana pribadi.

Apakah dalam jangkauan waktu lama tersebut, kamu sanggup untuk memenuhi kewajiban angsuran setiap bulannya. Setidaknya dana untuk angsuran barang adalah dana bebas dari kebutuhan. Atau semua kebutuhan lain sudah terpenuhi, baru bisa kamu melakukan kredit barang.

Keluar dari tips tersebut, ada hal penting dalam melakukan kredit barang yaitu kontrak atau peraturan. Peraturan ini harus kamu pahami terlebih dahulu. Sebab peraturan atau kontrak ini akan terlihat hingga masa angsuran berakhir.

Mulai dari sistem pembayran, besaran bunga, denda, pajak, lama angsuran dan lain-lain. Terdengar sepele, namun banyak orang mengabaikan membaca kontrak atau peraturan yang berlaku.

Baca Juga : CASHBAC Promo Kartu Kredit

 

Keuntungan Kredit Barang

Membeli barang dengans sitem kredit sampai saat ini memang sudah begitu populer. Biasanya kredit hanya berlaku dalam pembelian rumah dan media transportasi yang bernilai cukup tinggi. Namun seiring berjalannya waktu, barang seperti elektronik juga bisa lho dilakukan pembayaran dengan sistem kredit.

Banyak peningkatan jumlah peminat sistem bayar kredit juga semakin tinggi. Sebenarnya sistem bayar kredit suatu barang ini memiliki beberapa keuntungan lho. Nah, agar kamu lebih paham akan keuntungan dari membeli barang dengan sistem kredit. Ini dia ulasan selengkapnya.

1. Lebih Mudahkredit barang mudah

Hal ini memang bisa benar dan nyata. Pasalnya adanya sistem pembayaran suatu barang dengan metode kredit memang terlihat lebih mempermudah. Bayangkan saja harga barang seperti ponsel yang terlalu tinggi bisa kamu dapatkan dengan sistem kredit.

2. Meningkatkan Skor Kredit Positifcredit score

Ketika kamu ingin melakukan pengambilan kredit atau pinjaman terhadap bank. Pihak bank akan melihat bagimana nih perjalanan kredit yang pernah dilakukan. Dengan bantuan kredit suatu barang. Kamu akan lebih mudah dalam mendapatkan nilai positif skor kredit lho.

Namun untuk mendapatkan skor positif kredit tersebut harus diperlukan ketepatan waktu pembayaran sekaligus banyaknya sistem kredit yang diambil.

3. Sistem Keuangan Terkendalisistem keuangan terkendali

Dengan adanya kredit suatu barang, kamu akan lebih mudah mengatur alokasi dana. Dimana setiap pos selalu memiliki dana sesuai kebutuhan.  Dalam tahap ini kamu akan lebih tahu mana dana yang harus dikeluarkan cepat dan berapa kebutuhan yang diperlukan.

Nah itulah beberapa contoh keuntungan ketika kamu ingin melakukan kredit barang. Sebenarnya masih banyak lagi keuntungan yang bisa didapatkan dari sistem kredit suatu barang.

 

Cashbac Easypay

Cashbac Easypay merupakan fitur terbaru dari Cashbac yang memberikan kemudahan untuk berbelanja tanpa ribet dan tanpa biaya apapun yang berlaku di merchant favorit.

Keuntungan Cashbac Easypay adalah:

– Budget Belanja Jutaan
– Tidak Ada Biaya Tambahan Apapun
– Proses Cepat Bebas Ribet
– Bonus Point Rewards

Keuntungan yang tidak akan kamu dapatkan di tempat lain, apply Cashbac Easypay sekarang juga!