Di bulan-bulan menjelang akhir tahun seperti sekarang ini biasanya orang – orang mulai merencanakan untuk liburan akhir tahun. Maskapai penerbangan menyebut periode di akhir tahun ini dengan istilah “acquisition mode”. Maksudnya, saat ini mereka mencari dan memperbanyak customer baru.

Baca Juga : 9 Tips Mengatur Keuangan untuk Berwisata

 

Tips Traveling Hemat dengan Kartu Kredit

Inilah beberapa cara agar kamu bisa lebih hemat saat ingin traveling, kita simak yuk apa saja

1. Daftar program frequent flyer maskapai penerbangandaftar program frequent flyer

Tips traveling hemat yang pertama adalah daftar ke program frequent flyer. Kalau kamu belum melakukannya, buruan daftar ke program frequent flyer seperti yang banyak diadakan oleh para penerbit kartu kredit yang bekerjasama dengan pihak maskapai.

Jangan lupa subscribe newsletter supaya kamu tetap update dengan harga spesial dan promo yang sedang berlangsung.

 

2. Follow social media maskapai penerbanganfollow social media maskapai

Tips traveling hemat berikutnya adalah pastikan kamu sudah follow atau me-like akun media sosial airlines favoritmu di Instagram, Facebook atau Twitter. Sekarang banyak maskapai penerbangan yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mengkomunikasikan promo-promo yang sedang berlangsung dan juga sebagai sarana untuk menampung keluhan para pelanggan.

 

3. Datang ke pameran wisatakunjungi travel fair

Kamu bisa mengunjungi Travel Fair yang akan berlangsung. Di sana akan tersedia banyak pilihan tujuan wisata, lengkap dengan diskon perjalanan. Misalnya, tiket pulang pergi dari Jakarta ke Singapura seharga Rp 900.000 atau Jakarta ke London seharga Rp 7.500.000 per orang!

Biasanya banyak sekali pameran wisata yang berlangsung setiap tahun. Sebut saja Kompas Travel Fair, Japan Travel Fair atau The World of Panorama. Jadi sebaiknya kamu selalu ter-update agar tidak ketinggalan informasi dan promosi!

Tip: Datang lebih awal di hari pertama! Banyak masakapai penerbangan yang memiliki penawaran terbatas. Dengan datang lebih awal, kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan promosi sebelum kehabisan!

 

4. Menyampaikan keluhan ketika timbul masalahmenyampaikan keluhan traveling

Apakah baru-baru ini kamu mengalami masalah seputar tiket atau agenda wisatamu dengan maskapai penerbangan? Jika iya, segera sampaikan keluhanmu ke maskapai penerbangan tersebut agar kamu mendapatkan kompensasi berupa travel credit, pengembalian harga tiket, atau air miles.

Contoh keluhan yang bisa kamu sampaikan antara lain; penundaan jadwal terbang, bagasi yang diantar 1-3 hari berikutnya, pemindahan penerbangan, fasilitas dalam pesawat tidak bekerja dengan baik, dll.

Jika kamu mengalami masalah, kamu harus lakukan ini


1. Mencoba untuk menyelesaikan masalah di tempat– Menanyakan apa yang kamu butuhkan. Contohnya penerbangan kamu sudah tertunda selama dua  jam dan kamu ingin tahu kompensasinya saat itu juga (pastikan kamu tetap tenang saat berbicara dengan petugas dan menyampaikan masalah ini ke supervisor maskapai penerbangan jika perlu karena banyak pemberian kompensasi di tempat diputuskan oleh petugas dengan level tinggi).

2. Sampaikan keluhan melalui e-mail – Cari tahu alamat e-mail maskapai penerbangan di bagian customer service atau contact us di website.

3. Pastikan keluhan kamu tertulis dengan singkat dan jelas.

4. Pastikan kamu mencantumkan detail seperti tanggal penerbangan, nomor penerbangan, dan nomor referensi

5. Pastikan keluhan kamu berdasarkan data sebenarnya (fakta) dan jangan emosional.

6. Sampaikan bahwa kamu sudah menjadi pelanggan setia maskapai penerbangan tersebut dan kamu tetap ingin menggunakan maskapai tersebut di waktu mendatang.

7. Pastikan kompensasi yang kamu minta sepadan dengan kejadian yang kamu alami. Antara lain berbentuk frequent flyer miles, voucher penerbangan, atau uang pengganti. Contohnya, jika kamu meminta 100.000 frequent flyers miles untuk penundaan penerbangan domestik ke Bali, mungkin sulit ditanggapi oleh pihak maskapai penerbangan.

8. Gunakan media sosial jika diperlukan –Jika e-mail tidak berhasil, kamu bisa mencoba untuk menyampaikan keluhanmu  melalui media sosial dengan cara tag akun media sosial maskapai penerbangan yang bersangkutan. Contohnya @GarudaIndonesia.  Sekarang banyak maskapai penerbangan yang memiliki akun Customer Service di media sosial untuk menanggapi keluhan pelanggan sebelum keluhan itu menjadi masalah yang lebih besar dan menjadi  viral di media sosial.

Karena media sosial merupakan proses dua arah, pastikan kamu menyempatkan untuk memuji maskapai penerbangan tersebut jika mereka menangani keluhanmu dengan layanan yang memuaskan.

 

Jadi, jangan lupa tiga hal ini agar agenda wisatamu tersusun dengan baik:

1. Mendapatkan akses informasi terbaru dari maskapai penerbangan melalui media sosial (Instagram / Facebook) dan newsletter.

2.  Kunjungi pameran wisata atau travel fair.

3. Sampaikan keluhanmu ketika ada masalah


INGAT: Tetap ikuti aturan pemerintah yang berlaku, seperti pembatasan akses keluar kota / keluar negri, jika itu terjadi kamu bisa tetap berlibur di dalam kota atau di daerah sekitarmu saja. Dan yang terpenting juga, tetap jaga protokol kesehatan dengan baik. Stay Safe!


Baca Juga : Kuliner Indonesia yang Wajib Kamu Coba

 

Tips traveling hemat (di tempat wisata)

Jika kamu sudah sampai di tempat atau negara tujuan traveling, kamu harus berhemat agar uang kamu tidak habis, berikut beberapa cara untuk berhemat.

1. Kuliner lokalmakan kuliner lokal

Setiap daerah atau setiap negara, memiliki jajanan pasar yang harga jauh lebih murah dibanding hidangan di hotel atau restoran besar. Sebelum pergi ke tempat tujuan, kamu harus sudah melakukan riset online tentang lokasi-lokasi yang kaya akan jajanan pasar.
Lagipula, makanan di tempat tongkrong setempat jauh lebih original dari segi rasa dan penyajian. Namun, pastikan makanan tetap dihindangkan secara bersih, dan cocok dengan lidah serta pencernaan kamu.

 

2. Hati -Hati Berbelanjahati-hati berbelanja

Belanja-belanja adalah wajib jika traveling ke tempat lain. Seperti kuliner lokal, kamu disarankan melakukan riset online tentang tempat mana saja yang menawarkan belanja murah, seperti sentra pengrajin atau factory outlet.

Jangan lupa juga membuat budget dan checklist belanja sebelum kamu pergi untuk menghindari belanja berlebihan. Kamu juga bisa bareng-bareng dengan teman seperjalanan membeli dalam partai besar agar mendapat diskon.

Jika kamu memiliki kartu kredit dan kebetulan kamu pergi saat musim liburan, kamu bisa mengecek apabila bank yang memberi kartu kredit sedang melakukan promo bunga 0% dengan tempat belanja populer di luar negeri, seperti yang dilakukan dengan beberapa mal besar di Singapura.

 

3. Rekreasi Sesuai Budgetrekreasi sesuai bugdet

Seperti berbelanja, kamu juga harus sudah merencanakan dan membuat budget untuk tempat wisata yang kamu ingin kunjungi. Sekali lagi, kamu bisa mengecek apakah kartu kredit kamu sedang melakukan kerjasama promo atau diskon dengan tempat wisata populer, seperti yang sering terjadi dengan tempat wisata ternama di Singapura atau Malaysia.

Tentunya, jangan sampai lupa mengambil asuransi perjalanan yang meng-cover jika terjadi masalah kesehatan, kecelakaan atau ketidaknyamanan saat traveling. Asuransi akan menutupi biaya medis – sangat berguna jika kamu tidak membawa uang banyak. Ingat, sedia payung sebelum hujan!

Baca Juga : 7 Makanan Khas Indonesia yang Menjadi Favorit Dunia!

 

Hemat dengan Kartu Kredit Bersama Cashbac

Jika ingin lebih hemat kamu bisa gunakan aplikasi Cashbac, ada ribuan outlet yang bisa kamu kunjungi dengan menggunakan aplikasi Cashbac. Kamu bisa dapat instant rewards yang bisa langsung kamu gunakan untuk pembelian berikutnya.

Di Aplikasi Cashbac juga banyak sekali promo menarik yang bisa kamu gunakan, diantaranya adalah promo bank.

Promo Bank adalah promo yang juga memberikan tambahan rewards sebanyak 50% jika kamu menggunakan kartu kredit atau kartu debit dari bank-bank ternama seperti kartu Visa, Standard Chartered, Mandiri, digibank, dan masih banyak lagi bank lainnya – INFO DETAIL

Selamat traveling hemat!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store