Hi Cashbacers!

Kita bisa lihat ya, bagaimana Virus Corona atau yang biasa disebut COVID-19 membuat banyak perubahan bagi kehidupan kita. Untuk menjaga diri dari penularan virus corona, kita harus selalu menjaga kebersihan (seperti mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun), menggunakan masker, menerapkan self distance hingga mengurangi aktivitas di luar rumah dengan #dirumahaja.

Terimakasih untuk kamu yang telah melakukan pencegahan tersebut, karena itu artinya kamu telah membantu memutuskan rantai penularan virus corona. Tapi rasanya belum lengkap kalau kita belum mengenali apa saja sih gejala virus corona? Apa perbedannya dengan gejala flu biasa? Yuk, baca penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Semua Hal Tentang Virus Corona!

Gejala Flu Biasa VS Gejala Virus Corona

Gejala Virus Corona

Jumlah pasien positif COVID-19 terus meningkat setiap harinya. Bahkan, banyak penderita virus corona yang tidak menunjukkan gejala apapun (layaknya orang sehat). Tapi, sangat penting untuk kita mengetahui apa aja sih gejala-gejala yang ditimbulkan dari penderita yang terinfeksi virus corona?

Seperti yang kita ketahui, gejala yang dirasakan oleh penderita virus corona hampir mirip dengan gejala flu biasa, namun bisa berakibat fatal. Bagaimana cara membedakannya? Yuk, cari tahu! Berikut perbedaan gejala flu biasa dengan gejala virus corona atau COVID-19.

Gejala Flu Biasa

gejala flu

Kedua penyakit ini sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernafasan, hanya saja dari virus yang berbeda. Jika dilihat lebih detail, terdapat perbedaan secara jelas antara gejala virus corona dengan flu biasa. Apa saja gejala flu biasa?

Gejala Flu Biasa

  • Demam
  • Batuk
  • Bersin-bersin
  • Hidung tersumbat (berair)
  • Tenggorokan sakit
  • Sakit kepala ringan

Virus ini sangat mudah menular dan paling sering menyerang anak-anak dan remaja. Biasanya, penderita flu akan sembuh dalam waktu relatif singkat. Dilansir dari idntimes.com, saat tubuh terserang flu, pilek akan berbentuk cairan dan setelah 2-3 hari atau mendekati masa penyembuhan, pilek tersebut menjadi lebih kental dan berwarna kuning kehijauan.

Baca Juga: Upaya Pencegahan Virus Corona COVID-19

Gejala Virus Corona 

virus corona

Memang penyakit ini sedikit menunjukkan beberapa gejala flu seperti batuk dan demam, namun gejala virus corona juga mirip dengan gejala infeksi saluran pernapasan. Bagi penderita virus corona, gejala-gejala yang ditimbulkan bertahap mulai dari batuk dan demam hingga sesak napas sampai menimbulkan nyeri dada. Berikut gejala virus corona yang dirasakan penderita secara umum:

Gejala Virus Corona

  • Batuk Berdahak bahkan berdarah
  • Sesak napas menimbulkan nyeri dada
  • Demam dengan suhu tinggi mencapai 38 derajat celsius atau lebih
  • Hidung beringus
  • Sakit kepala
  • Merasa tidak enak badan (anggota tubuh lemas)
  • Nyeri sendi
  • Diare

Itu dia gejala virus corona yang dialami para penderita COVID-19. Secara umum, penderita awal mengalami demam dengan suhu yang tinggi, batuk-batuk, dan sesak napas. kemudian gejala yang lain bermunculan secara bertahap hingga menimbulkan reaksi yang cukup parah.

Perbedaan yang mendasar, bahwa penderita virus corona tidak mengalami bersin-bersin melainkan hidung beringus. Lalu, hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah penderita virus corona juga dapat menyebabkan gejala yang parah seperti bronchitis atau pneumonia.

Baca Juga: 6 Cara Mencuci Tangan yang Benar, Perlu Kita Ketahui!

 

Nah, sekarang kamu sudah tau kan apa saja gejala virus corona dan apa perbedaannya dengan flu biasa? Jika kamu mengalami gejala virus corona, segera ke dokter ya! Dan pastikan kamu melakukan self isolation/self quarantine untuk mengisolasi diri di rumah kurang lebih selama 14 hari. Berdasarkan sumber tirto.id, kamu juga bisa hubungi call center mengenai penangan COVID-19 di 119 (Kementrian Kesehatan)

Kita harus tetap waspada ya! Untuk menghindari diri dari virus corona, baiknya kita tetap rajin mencuci tangan dan mendukung gerakan #dirumahaja dengan tidak keluar rumah dan tetap produktif malakukan kegiatan seperti bekerja, belajar dan beribadah di rumah, dengan begitu kamu sudah membantu mencegah kemungkinan penyebaran virus Corona ke orang lain.

#StaySafe #dirumahaja

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%